PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OTONOMI DAERAH DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 4 MUARA ENIM

Sumaryani Sumaryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang meliputi aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Muara Enim. Penelitian ini di fokuskan pada peningkatan aktifitas belajar peserta didik kelas IX.2 dengan komposisi 13 orang perempuan dan13 orang laki-laki. Peneltitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri atas empat aspek, yaitu : penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkkan data dari pengamatan terhadap aktifitas belajar peserta didik selama siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada materi Otonomi Daerah dengan perolehan data aktifitas belajar peserta didik dengan rata-rata sebesarĀ  49,3% dan termasuk kategori sedikit pada siklus 1 menjadi 82,5% dan termasuk kategori banyak sekali pada siklus 2.

Keywords


Aktifitas; Problem; Posing

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta. 2012

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Rochman Nata wijaya.2005.Belajar aktif. Depdiknas

Sudijono, anas. 2009.Pengantar Statistik Pendidikan.Raja Grafindo Persada (Rajawali Pers)

Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. 2009 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen pendidikan nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumaryani Sumaryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.