PELAKSANAAN PERKAWINAN MENURUT ADAT SUKU PAKPAK DI DESA SUKARAMAI KECAMATAN KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Tampilen Kaban, Atmawarni Atmawarni, Yuni Ratona Tumanggor

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan Dalam Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk mendeskripsikan tentang adat perkawinan. Adat diberbagai daerah sangat beragam dan bermacam-macam bentuknya, sesuai dengan ciri khas kedaerahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang bagaimana proses adat perkawinan Pakpak yang ada di Desa Sukaramai. Manfaat penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang proses adat perkawinan Pakpak di Desa Sukaramai. Hasil dari penelitian ini adalah proses adat perkawinan Pakpak di Desa Sukaramai dilakukan dengan beberapa tahapan seperti : memmere emas pilihen,menggirit/mengindang, tanda burju, menglolo/mengkata utang, muat nakan paradupen dan tangis sijahe. Proses adat perkawinan Pakpak yang ada dalam Desa Sukaramai, tidak bisa dikurangi apalagi dihilangkan

Keywords


Adat; Perkawinan Pakpak

Full Text:

Remote PDF

References


Afendy, Kosim. (2019) . Efektivitas Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun1974 TentangPerkawinan Pada Masyarakat Baduy. Pamulang Law Review 1.1

Al-Mashri, Syaikh Mahmud. (2016). Perkawinan Idaman. Qisthi Press.

Arikunto, Angga. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Aksara.

Aziansyah, Dini G. (2017). Persepsi Masyarakat Aceh Pada Upacara Perkawinan Adat Acehtradisional Ditinjau Dari Demografi. Jakarta: Skripsi.Universitas Negeri Jakarta.

Berampu, Fitri Sari, And Abdurrahma Adisaputera. (2017). Analisis Simbolik Pada Upacara Pernikahan Adat Pakpak (KajianSemiotik). Jurnal Sasindo. (Program Studi Sastra Indonesia Fbs Unimed) 6.2 .

Berutu, Alipandi. (2019). Nilai-Nilai Islam Dalam Adat Pernikahan Suku Pakpak Di Kota Subulussalam. Disertasi . Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Pranata, Billy, Yonata Laia, And Marulitua Lumban Gaol. (2019). Perancangan Sistem Penyusunan Marga Suku Batak Toba Berbasis Web.Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA).

Rahmalia, Dwi, And Nurvica Sary. (2017). Makna Pernikahan Pada Istri Yang MenggugatCerai Suami. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya. Vol. 1. No. 1.

Siombo, Marhaeni Ria, And Henny Wiludjeng. (2020). Hukum Adat Dalam Perkembangannya. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya .

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Suri,Nining S. 2019. Peranan Malaulu pada Adat Perkawinan Etnis Simeulue. Skripsi. UIN Ar-Raniry.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v2i2.6156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuni Ratona Tumanggor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License