HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK BIDAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU BERSALIN DI. UPTD. PUSKESMAS PATILUBAN MUDIK TAHUN 2023

Erlina Hayati

Abstract


Upaya pencegahan kecemasan ibu primigravida dalam menghadapi persalinan dapat dikurangi dengan meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Ibu primigravida dapat mengetahui melalui informasi komunikasi terapeutik yang dilakukan petugas kesehatan dilayanan kesehatan yang membagikan pelayanan terapeutik pada ibu primigravida. Semakin baik komunikasi terapeutik yang diberikan oleh petugas kesehatan, akan semakin terus menjadi rendah tingkat kecemasan yang dialami oleh ibu primigravida. . Jenis penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat observasional dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan model cross sectional. Dimana variabel independen dan variabel dependen diteliti secara satu waktu untuk melihat hubungan komunikasi terapeutik bidan dengan tingkat kecemasan ibu bersalin  dalam menghadapi persalinan di Puskesmas Patiluban mudik tahun 2023.Data diperoleh dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan (kuesioner digital) kepada responden yang sebelumnya sudah bersedia untuk diambil datanya dan mengisi lembar informed consent terlebih dahulu.. Pengelola data adalah langkah langkah yang digunakan untuk menganalisis data yang sudah diperoleh melalui tahap editing, koding, proses, cleaning data. Analisis data dilakukan bertahap yaitu analisis Univariat dan Bivariat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa distribusi frekuensi komunikasi terapeutik pada ibu Brsalin dalam menghadapi persalinan di UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik Tahun 2023 dengan mayoritas komunikasi terapeutik kurang. Dengan indikator kurangnya petugas kesehatan menggali pikiran serta perasaan responden dalam memecahkan masalah yang dialami. Distribusi frekuensi tingkat kecemasan ibu Bersalin  dalam menghadapi persalinan UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik  2023. dengan mayoritas tingkat kecemasan ibu Bersalin mengalami cemas sedang.  Dengan indikator yang dialami ibu yaitu situasional kecemasan dan pengalaman subjektif mempengaruhi kecemasan. Terakhir Berdasarkan hasil analisa statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh p value 0,000 dapat disimpulkan p value (0,000) < (0,05) sehingga dinyatakan bahwa H0 ditolak yang artinya terdapat Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan  Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin  Di UPTD. Puskesmas Patiluban Mudik tahun 2023.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, D. S. (2019). Gambaran Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Primigravida Dan Multigravida Dalam Menghadapi Persalinan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Angin, july caronita br. perangin. (2018). Hubungan komunikasi terapeutik dengan kecemasan ibu primigravida menghadapi proses persalinan di klinik pratama rawat jalan hadijah medan tahun 2018. 2, شماره 8; ص 99-117.

dharma. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan (Reevisi ta). CV.Trans Info Media.

Elisabeth, E. (2019). Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir. In PUSTAKABARUPRESS. PUSTAKABARUPRESS.

Fatmawati, T. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik dengan Kecemasan Ibu Primigravida dalam Menghadapi Persalinan di Puskesmas Pleret Bantul.

Fitria. (2016). Hubungan Komunikasi terapeutik Dan Motivasi Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Sub Instalasi Rawat Inap Bedah Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasim, R. P. (2016). Gambaran Kecemasan Ibu Hamil. Skripsi, 4(4), 373–385.

Heri, M. (2015). Hubungan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester III dengan Persiapan menghadapi Persalinan di wilayah puskesmas kecamatan kembang kabupaten jepara.

Hulu, S. (2019). Analisa Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan STATCAL (Janner (ed.); Cetakan 1). Yayasan kita penulis.

Jenita. (2019). Psikologi Keperawatan. PT.PUSTAKA BARU.

Kusumawardhani, I. (2016). Telaah Pustaka Kecemasan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jurnal Info Kesehatan, 4(2), 2–3. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/239/

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Peni (ed.); Edisi 4).

Prabowo, T. (2019). Komunikasi Dalam Keperawatan. PUSTAKABARUPRESS.

Prameswari, Y., & Ulfah, Z. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Menghadapi Persalinan di Puskesmas Batu Aji Kota Batam TAHUN 2018. Psyche, 12(1), 30–39.

Putrono, W. &. (2016). Asuhan Keperawatan Antenatal, Intranatal Dan Bayi Baru Lahir Fisiologis dan Patologis (Seno Wibowo (ed.); I). CV.Andi Offset.

Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); Cetakan 1). Literasi Media Publishing.

Syafrie, I. R. (2018). Gambaran Pengetahuan Dan Kecemasan Ibu Hamil Trimester Iii Dalam Menghadapi Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Aman Kecamatan Lebongâ Utara, Kabupaten Lebong Tahun 2016. Journal Of Midwifery, 5(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.30743/jdkik.v1i2.7730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.