PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI AUTOGRAPH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariani, N. d. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., ... & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(3), 422-432.
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43-54.
Afrilia Eka Choiriyaza. (2017). Pengaruh Metode Pemodelan Matematika Berbantuan Autograph Terhadap Kemampuan Representasi Semiotik Matematik Siswa.
Anim, A., Rahmadani, E., & Prasetyo, Y. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Possing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 65β74. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i1.381
Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221β232. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1829
Dalimunthe, A., & Ariani, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jurnal Basicedu, 7(1), 1023β1031. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4812
Doly Nasution, M., Ramadhan, R., Kunci, K., & Pemecahan Masalah, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah. Journal Of Social Science Research, 3, 260β268.
Fauziah, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele Berbantuan Media Autograph Terhadap Kemampuan Literasi Spasial Siswa. In Skripsi UIN Jakarta (Issue 11140170000044).
Festiawan, R. (n.d.). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran Abstrak. 1β17.
Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Literasi, 6(1), 54. https://doi.org/10.24853/pl.6.1.54-64
Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Sinasis, 1(1), 109.
Harefa, D., & Laβia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216β229. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539
Jauhar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 141. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1β27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Marco, N., Gultom, A., & Fitri, R. (2024). Meta-analisis Persepsi Peserta Didik Peminatan IPA Terhadap Pembelajaran Biologi. 07(01), 7424β7431.
Padangsidimpuan, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. 03(2), 333β352.
Rahmawati, P. S. (2015). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi matematis siswa.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia.
Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935β948. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.577
Septian, A., Setiawan, E., Noersapitri, Y., & Artikel, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1β9. http://doi.org/10.35974/jpd.v6i1.2905
Simanungkalit, R. H., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2023). Trend pembelajaran matematika sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, c, 1093β1095. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2272
Sintia, S., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sman 1 Klari. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 143β153. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2225
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Y. (2020). Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 180β191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1β11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Tawa, E. M. S., Jagom, Y. O., & Kaluge, A. H. (2024). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Karakteristik Guru Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 165β173. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i2.3795
Villegas, J. L. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279β308.
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafiβiyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115β124. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234
DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v11i1.11904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)


