PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Helma Mustika, Lindra Buana

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to knows the ability problem solving mathematics students class VIII Junior High School 3 Lirik. Kind of research is Quasi-Experiment with design Randomizel Subjects Posttes Only Control Group Design. The technique removal sample is use Surfeited Sampling. Techniques analysis data’s use normality test, homogeneity test and t-test. Based on result of the hypothesis testing is tarithmetic = 2,081> ttable = 1,997 with level signifikat 0.05. It mean that is H0 reject and Ha accept, this thing means the ability problem solving mathematics students with learning assembling model learning Probing Prompting better than the ability problem solving mathematics students which subject to conventional learning.

Keywords: Probing Prompting, Ability Problem Solving

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Lirik. Jenis penelitian adalah Quasi-Eksperimen dengan desain Randomizel Subjects Posttes Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2.081 > ttabel = 1.997 dengan taraf signifikat 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikenai pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Probing Prompting, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Cara Dahsyat Membuat Skripsi. Jawa Timur: Jaya Star Nine.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah dari Teori sampai dengan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.