IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR TA.2016/2017

Rianita Simamora

Abstract


Abstract. This study aims to determine the improvement of students' mathematical communication skills with the implementation of the 2013 curriculum on linear program materials in grade XI SMA Negeri 2. This type of research is a classroom action research. This study measures students' mathematical communication skills. The test instrument of mathematical communication ability given to the students with the form of the test essay has been done by validating the instrument test and it is stated that the quality of the research instrument is significant, because by using the product moment formula obtained the lowest validity calculation 0.279 (low validity) and highest validity coefficient 0,829 (validity High) so that each test item is valid. Based on the conclusion of data obtained that the students' oral mathematical communication ability increased from 85% in the first cycle that is 34 students get good criteria and 6 students get enough criteria to be 90% in cycle II that is 36 students get good criteria and 4 students get enough criteria. While the student's mathematical communication ability increased from 62,5% in cycle I that is 25 students get good criterion and 15 students got enough criteria become 87,5% in cycle II that is 35 student get good criterion and 5 student get enough criteria.

 

Keywords: Curriculum 2013, Mathematical Communication, Linear Program

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan implementasi kurikulum 2013 pada materi program linear di kelas XI SMA Negeri 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa. Instrumen tes kemampuan komunikasi matematika tulisan yang diberikan kepada siswa dengan bentuk esai tes telah dilakukan uji validasi instrumen dan dinyatakan kualitas instrumen penelitian adalah signifikan, karena dengan menggunakan rumus product moment diperoleh hasil perhitungan validitas terendah 0,279 (validitas rendah) dan koefisien validitas tertinggi 0,829 (validitas tinggi) sehingga setiap butir tes adalah valid. Berdasarkan penyimpulan data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematika lisan siswa meningkat dari 85% pada siklus I yaitu 34 siswa mendapatkan kriteria baik dan 6 siswa mendapatkan kriteria cukup menjadi 90% pada siklus II yaitu 36 siswa mendapatkan kriteria baik dan 4 siswa mendapat kriteria cukup. Sedangkan kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I yaitu 25 siswa mendapatkan kriteria baik dan 15 siswa mendapat kriteria cukup menjadi 87,5% pada siklus II yaitu 35 siswa mendapatkan kriteria baik dan 5 siswa mendapatkan kriteria cukup.

 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Komunikasi Matematika, Program Linear


Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. 2016. Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNa.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hendriana, H & Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Struktur dan Isi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.