PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA

Fitry Wahyuni, Suwanto Suwanto

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe match mine terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa kelas X SMK Bisnis dan manajemen APIPSU Medan tahun ajaran 2017/2018 pada pokok bangun ruang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMK Bisnis dan manajemen APIPSU Medan tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Cluster Random Sampling (sampel acak kelompok) yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil 2 unit kelas untuk eksperimen dan kontrol. Dalam penelitian ini kelas X-1 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan menggunakan semu eksperimen (quasi eksperiment) pada dua kelas dengan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe match mine pada kelas eksperimen disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe match mine terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa.

Full Text:

PDF

References


Djafar, T. Z. (2001). Kontribusi strategi pembelajaran. Yogyakarta: Andi.

Griffin, G., & Evan. (2010). Kids say-iwanna talk about me, [Online]: http://mathforum.org/~socha.

Kagan, M. (2009). Match mine mathematics. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Kagan, S. (1989). The structural approach cooperative learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Laila, F. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe match mine disertai kuis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Padang. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Latifa, (2009). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe match mine terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nasution, D., Dewi, I. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe match mine untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Medan T.A. 2014/2015. Inspiratif, 1(1), 96-111.

NCTM. (2000). Principles and standards for schools mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standart proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandiling, E. (2012), Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik, pemahaman matematik, dan self–regulated learning siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Pendidikan UNTAN, 13(1).




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.