PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATA KULIAH KALKULUS II TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STMIK PELITA NUSANTARA MEDAN

Awaludin Fitra, Yulia Utami, Martua Sitorus

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan Pembelajaran berbantuan aplikasi GeoGebra dan Pembelajaran Konvensional pada materi integral di STMIK Pelita Nusantara Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas TI pada semester dua STMIK Pelita Nusantara Medan terdiri dari 4 kelas. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dari 2 kelas yang ada, artinya setiap kelas mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas TI-A1 dan TI-B1. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dimana dari dua kelas yang dipilih sebagai sampel yaitu kelas TI-A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TI-B1. sebagai kontrol. Dari hasil perhitungan skor rata-rata untuk kedua kelas diperoleh sebagai berikut: pada kelas eksperimen, pada hasil tes awal diperoleh  = 52,19, SD1 = 12,63 pada tes akhir diperoleh  = 80,16, SD1 = 6,66. Maka terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 27,97. Pada kelas kontrol, pada hasil tes awal diperoleh   = 51,88, SD2 = 12,03 dan pada tes akhir diperoleh  = 69,53, SD2 = 10,34. Maka terjadi peningkatan hasil belajar menjadi 17,65. Dari perhitungan skor rata-rata kedua kelas terlihat jelas bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan GeoGebra lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional. Dari hasil analisis statistik dengan uji t yang telah dilakukan terhadap kedua kelas maka diperoleh hasil dengan taraf signifikan  α = 0,05 diperoleh thitung = 3,948. Selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan ttabel  dengan dk = 62 diperoleh ttabel = 1,670 ternyata thitung > ttabel hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran berbantuan Aplikasi GeoGebra dan pembelajaran Konvensional pada materi integral di STMIK Pelita Nusantara Medan

 

Kata Kunci: GeoGebra, Hasil Belajar, Integral.

 

Abstract. This study aims to determine the differences in learning outcomes of students taught with GeoGebra application-assisted learning and conventional learning on integral material at STMIK Pelita Nusantara Medan. The population in this study were all IT classes in the second semester of STMIK Pelita Nusantara Medan consisting of 4 classes. The sampling technique in this study was conducted by random sampling from 2 classes, meaning that each class has the same opportunity to be sampled. While the sample in this study consisted of two classes namely TI-A1 and TI-B1 classes. This type of research is quasi-experimental research, where of the two classes selected as samples, the TI-A1 class as the experimental class and the TI-B1 class. as a control. From the calculation of the average score for the two classes obtained as follows: in the experimental class, the initial test results obtained = 52.19, SD1 = 12.63 in the final test obtained = 80.16, SD1 = 6.66. Then an increase in learning outcomes to 27.97. In the control class, the initial test results obtained = 51.88, SD2 = 12.03 and the final test obtained = 69.53, SD2 = 10.34. Then an increase in learning outcomes to 17.65. From the calculation of the average scores of the two classes it is clear that an increase in learning outcomes in the experimental class is higher than in the control class. It can be concluded that GeoGebra-assisted learning is higher than the learning outcomes of students taught with Conventional Learning. From the results of statistical analysis with the t test that has been done on both classes, the results obtained with a significant level α = 0.05 obtained tcount = 3.948. Furthermore, tcount consulted with ttable with dk = 62 obtained ttable = 1,670 turns out tcount> ttable this means that H0 is rejected and Ha is accepted so it can be concluded that from the calculation results it can be seen that there are significant differences between student learning outcomes taught by GeoGebra Application Assisted Learning and conventional learning on integral material at STMIK Pelita Nusantara Medan

 

Keywords: GeoGebra,, Learning outcomes, Integral


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit PT. Bumi Aksara. (2002).

Hamzah B Uno. https://www.riyanpedia.com/2017/01/pengertian-pre-tes-dan-post-tes-dalam-pembelajaran.html

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf. [15 April 2016]

https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/ undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html,

http: // mangihot.blogspot.com / 2016 / 10 / pengertian -perguruan-tinggi.html

Kustandi, C., & Bambang S. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan Geometri dengan Program geogebra. (online), http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf.

Soedjadi, R., (2002), Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta, Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sundayana, Rostina. (2013).Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika). Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.