MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERILAKU PADA PESERTA DIDIK

Desy Siregar, Irmayanti Irmayanti, Islamiani Safitri

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation. 2) Untuk mengetahui perilaku kerjasama dan kemandirian belajar peserta didik setelah diterapkanya model pembelajaran Group Investigation. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Rantau Utara T.P 2019/2020 yang berjumlah 3 kelas dan sampel yang diambil 1 kelas dengan teknik pengambilan purpose sampling. yaitu kelas XI-IPA2. desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental design dengan desain Pre Test and Post Test Group. Instrumen penelitan adalah lembar test dan lembar angket (kuisioner). Data-data yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada peserta didik dianalisis dan hasil analisa nya adalah pada kelas eksperimen diperoleh hasil uji Paired Sample T-Test  dengan cara menggunakan program SPSS 22 diperoleh nilai sig < dari taraf signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 dengan diperoleh nilai >yaitu 14,251 > 2,750 maka kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima maka kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation, dan data dari hasil pemberian angket pada peserta didik dapat dilihat peningkatan Hasil dari pemberian angket mengalami peningkatan perilaku  peserta didik dari setiap aspek penilaian, seperti pada aspek perilaku kerjasama dan kemandirian belajar sebelem diterapkannya model pembelajaran Group Investigation hasilnya ialah  60,00% dan 59 % dengan kriteria (cukup baik) sedangkan setelah diterapkannya model pembelajaran Group Investigation hasilnya ialah 78,23% dan 79,30% dengan kriteria (baik).


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia:. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i , 395-402.

Dinda Rahmawati, L. D. (2018). Analisis Kesalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 173-185.

Jayanti Ratnasari, I. E. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH-10 RANTAUPRAPAT. S I G M A , 21-29.

Liyan Aldiva Raka Siwa, I. S. (2018). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Pembelajaran dan Matematika SIGMA (JPMS) , 17-26.

Liyan Aldiva Raka Siwa1, I. S. (2018 volume 4 no.2). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA. Jurnal Pembelajaran dan Matematika SIGMA (JPMS) , 17-26.

Ningsih, F. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTSN KABUPATEN KERINCI. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 351-362.

Santoso, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika . Jurnal THEOREMS Vol 1 No 1 , 10-20.

Seno Abi Yodha, Z. A. (2019). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN E-LEARNING. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 181-187.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: 2014.

Sugiyono. (2008). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: 2008.

Wijaya, P. (2019, Desember Rabu). Merdeka.com. Retrieved Desember Rabu, 2019, from Merdeka.com: https://www.merdeka.com/dunia/survei-pendidikan-dunia-indonesia-masuk-10-terbawah-dari-79-negara.html

Winaputra, U. S. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: 2001.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.2927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.