KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Buyung Buyung, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Tujuan penalitian melihat efektif  Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Etnomatematika Pada Mata Kuliah Kondep Dasar Matematika SD di STKIP Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek coba penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yakni kelas pagi (kelas A dan kelas B) prodi PGSD STKIP Sigkawang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui analisis kuantitatif. Uji statistik menggunakan uji t, uji z dan uji anova.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis etnomatematika menunjukan : (1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa setelah diterapkan LKM berbasis mencapai ketuntasan secara individual, (2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa setelah diterapkan LKM berbasis mencapai ketuntasan secara klasikal, dan (3) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa yang diterapkan LKM berbasis etnomatematika, simpulan  kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal, serta adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika setelah diterapkan LKM Berbasis etnimatematika.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2012. Pendidikan karakter di sekolah membangun karakter dan kepribadian anak. Bandung: Yrama Widya.

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79. DOI: 10.29408/jel.v5i1.1022.

Febriani, M. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 16(2), 203-212. DOI: http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4482

Jacobus, A. (2018). Penggunaan Media Bungnge Tallo’untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Bilangan Kubik. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 40-45. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.778

Khalimah et al. (2017). Budaya Kediri Dalam Pembelajaran Matematika (Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik). JIPMat, 2(1). Di akses di http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1482

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019).Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 91-101. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.887

Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020).Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Membangun Karakter Positif Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30-40. Di akses di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24249

Prastowo, A. 2011. Panduan kratif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1). Di akses di http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/1018

Riduwan, M.B.A (2009). DASAR-DASAR STATISTIK. Bandung: ALFABETA.

Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018).Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) matematika berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4(2), 67-74.

Supiyati, S. (2016) Etnomatematika: Matematika dalam Perspektif Budaya Sasak. PROCEEDING ICETE 2016, 257.International Conference on Elementary and Teacher Education (ICETE) 2016 Lombok, 22-23 October 2016 - ISBN : 978-602-98097-4-9




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v6i1.2928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.