ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERA GURU DI SMK BUDDHIST MANJUSRI

Aulia Christina Sinaga, Enjel Oktaviany Simanjuntak, Rosvina Sari Siburian, Aman Simaremare, Ibnu Hajar

Abstract


Gaya kepemimpinan seseorang dalam suatu organisasi akan menentukan efisiensi dan kinerja organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Buddhist Manjusri. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa deskriptif analitis yang membandingkan antara kajian pustaka dengan kenyataan dilapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Buddhist Manjusri, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kinerja guru di sekolah yang sama. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan angket dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati variabel-variabel penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian diidentifikasi dan dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Buddhist Manjusri yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru adalah degan memerapkan gaya kepemimpinan partisipasi.   


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kinerja, Kinerja Guru.

References


Andayani, I., &Tirtayasa, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2 (1), 45–54. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/3367

Anggayani, N. L., Noak, P. A., & Yudharta, I. P. D. (2016). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 2 Pemecutan Kota Denpasar). Citizen Charter, 1(1), 1–8.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277.

Mulyasa. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT Bumi Aksara.

Nasution, I. (2011). Kompetensi Guru dan Peranan Kepala Sekolah. Visipena, Vol. 2 (2), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v2i2.46

Purnomo, S. (2017). Pengembangan Kinerja Guru. Dosen UIN Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v8i1.5432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.