Peran Komunikasi Organisasi Islam dalam Penguatan Kebijakan Kesejahteraan Islami di Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, N. K. (2021). Nafs Mutmainah sebagai Dasar dalam Menciptakan Kesejahteraan Spiritual. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 169–181. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i2.3523
Aprianto, N. E. K. (2017). Peran Komunikasi Kepemimpinan dalam Pengembangan Organisasi Perspektif Islam. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 263–284. https://doi.org/10.24090/ej.v4i2.2016.pp263-284
Aprida, O., Trinanda, R., Azis, F., Fathurrochman, I., & Nuzuar. (2024). Analisis Peran Penting Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Organisasi Pendidikan Islam. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(1), 153–169. https://doi.org/10.36668/JAL.V13I1.787
Asriadi, A. (2020). Komunikasi Efektif dalam Organisasi. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36–50. https://doi.org/10.47435/retorika.v2i1.358
Astuti, D. R., & Wibisono, M. Y. (2022). Tinjauan Sejarah atas Peran Organisasi Kemasyarakatan Islam pada Pembangunan Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1), 121–130. https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.16882
Aulia, F., Dwianggraeni, P. R., & Ishak, A. R. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal yang Efektif. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(2). https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss2.art5
Cartono, C., & Maulana, A. (2019). Iklim Komunikasi, Iklim Organisasi dan Iklim Komunikasi Organisasi. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 228. https://doi.org/10.24235/orasi.v10i2.5420
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif . Pustaka Pelajar.
Fatmawati, I. (2022). Komunikasi Organisasi dalam Hubungannya dengan Kepemimpinan dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.18
Gunawan, M., Hasan, F., & Mariyam, S. (2022). Pola Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam di dalam Membangun Relasi “Connection.” Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 2(2), 37–46. https://doi.org/10.33507/SELASAR.V2I2.986
Hasyim, N. (2016). Komunikasi Organisasi di Perguruan Tinggi Islam Negeri (Studi Kasus di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi, 2(2), 1–36. https://doi.org/10.52447/PROMEDIA.V2I2.540
Kholid, K., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi dan Budaya Organisasi terhadao Komitmen Organisasi Unit Aktivitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(3), 146–159. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4024
Mackiewicz, J. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time (pp. 37–60). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Mansyursyah, M., & Muktarruddin, M. (2025). Komunikasi Organisasi BKPRMI dalam Menanggulangi Maraknya Tindakan Kriminal di Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 8(1), 119. https://doi.org/10.22373/jp.v8i1.30655
Mardianty, D., Nurjannah, H., Susanti, E., & Agia, L. N. (2022). Pengaruh Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan Islam terhadap Budaya Organisasi Islam dalam Perspektif Islam pada Lingkungan Universitas Islam di Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 162–167. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).8843
Mu’alimin, M., Salsabilla, L. A., Jannah, S., & Amrullah, M. Z. (2024). Komunikasi dalam Kepemimpinan Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 64–80. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.372
Mulia, J. B., & Maharani, D. (2023). Pola Komunikasi Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Palembang dalam Membangun Loyalitas Anggota. Wardah, 24(2), 92–104. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i2.19279
Nashrillah, N. (2016). Perbandingan Teori Komunikasi Islam dan Barat. Warta Dharmawangsa, 0(48), 1829–7463. https://doi.org/10.46576/WDW.V0I48.191
Nugroho, H. A., Ichsan, M., & Lukman, L. (2024). Pola Komunikasi Organisasi Majelis Talim Syubbanul Muslimin dalam Pembentukan Karakter Sosial pada Remaja. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5602
Phalosa, S. A., Julistiara, H., Fadhil, A., & Hayuningasih, F. (2024). Strategi Komunikasi Organisasi UKM HTQ dalam Membentuk Karakter Islami di IAIN Cirebon. ARKANA: Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.62022/ARKANA.V3I01.6028
Purnomo, S. (2022). Peranan Penting Komunikasi Organisasi dalam Membangun Organisasi. ARKANA: Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(01), 34–42. https://doi.org/10.62022/ARKANA.V1I01.2746
Putra, H. R. (2020). Bentuk Komunikasi Organisasi di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 68–79. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1714
Putra, M. A., Qorib, F., & Ghofur, M. A. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2), 61. https://doi.org/10.33366/JISIP.V7I2.1428
Putri, C. A., Berlianie, V., & Mubarok, I. (2024). Pengaruh Nilai Nilai Agama Islam dalam Membentuk Strategi Komunikasi Organisasi Keagamaan. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 2(1), 32–41.
Putri, T. I., Hayati, S. M. N., Shidiq, E., & Zainab, D. (2023). Komunikasi Dakwah Kultural: Studi Kasus Komunikasi Organisasi Fatayat Nahdatul Ulama (NU). Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(1), 599–608. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i1.6565
Rachman, A., Yochanan, E., & Samanlangi, A. I. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Saba Jaya Publisher.
Saleh, M. (2024). Etika Komunikasi Islami: Solusi untuk Kesuksesan Organisasi. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 14(1), 27–46. https://doi.org/10.47766/liwauldakwah.v14i1.2756
Susanto, J. (2020). Etika Komunikasi Islami. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i1.28
Wahidi, A. (2024). Strategi Komunikasi Organisasi dalam Menanggulangi Radikalisme di Perguruan Tinggi Islam Jember. Maddah: Journal of Advanced Da’wah Management Research, 3(1), 51–62. https://doi.org/10.35719/maddah.v3i1.34
Yadi, A. (2020). Komunikasi dan Kebudayaan Islam di Indonesia. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 47–60. https://doi.org/10.14421/kjc.21.04.2020
Yani, L. A., Razkia, D., & Niko, P. F. (2022). Kemampuan Komunikasi Organisasi terhadap Komitmen Organisasi pada Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 13(1), 22–33. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v13i1.14072
Zulvianti, N., Sari, G. I., & Kohar, W. (2021). Bentuk Pesan Komunikasi Organisasi Ikatan Pemuda dalam Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Warga Kota Padang. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 12(02), 181–191. https://doi.org/10.15548/AMJ-KPI.V12I02.3502
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.11181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Juliadi Zurdani Harahap, Syukur Kholil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0