Distorsi Nilai Islam dalam Simulakra: Komunikasi Keagamaan di Lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, I. A. I. (2017). Di Bawah Bayang-Bayang Media: Kodifikasi, Divergensi, dan Kooptasi Agama di Era Internet. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.14710/SABDA.12.2.116-121
Adawiyah, R., & Indra, I. (2023). Hiperrealitas dan Krisis Identitas Manusia Post-Modern. Journal of Islamic and Occidental Studies, 1(2), 236–252. https://doi.org/10.21111/jios.v1i2.33
Asharudin, R. (2023). Analisis Pemikiran Jean Baudrillard tentang Simulasi dan Realitas dalam Konteks Era Digital . Gunung Djati Conference Series, 905–921. https://www.conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1682
Astuti, Y. D. (2015). Dari Simulasi Realitas Sosial hingga Hiper-Realitas: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media di Cyberspace. Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(2), 15–26. https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view/1084
Azzahra, T. M., Nasution, S. W., Aini, F., & Sahputra, D. (2023). Hubungan Tingkat Religiusitas dengan Rasa Empati pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 610–615. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1397
Febriana, M. (2017). Hiperrealitas “Endorse” dalam Instagram Studi Fenomenologi tentang Dampak Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(2), 18–29. https://doi.org/10.20961/jas.v6i2.18098
Fitrianti, R. (2021). Simulacrum Media di Era Postmodern. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 1(2), 92–117. https://doi.org/10.53363/bureau.v1i2.29
Hakim, F., Fadlillah, A., & Rofiq, M. N. (2024). Artificial Intellegence (AI) dan Dampaknya dalam Distorsi Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 129–144. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v13i1.1330
Handayani, M. A., & Ali, M. (2020). Antara Agama dan Imajinasi: Identitas Simbol Ibadah dalam Perspektif Postkomunikasi, Postspiritualitas, dan Hiperspiritualitas. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v4i2.8592
Hidayat, M. A. (2019). Menimbang Teori-Teori Sosial Postmodern: Sejarah, Pemikiran, Kritik dan Masa Depan Postmodernisme. Journal of Urban Sociology, 2(1), 42. https://doi.org/10.30742/jus.v2i1.610
Jauhari, M. (2017). Media Sosial: Hiperrealitas dan Simulakra Perkembangan Masyarakat Zaman Now dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Al’Adalah, 20(1), 117–135. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/95
Kamaruddin, S. A., Adam, A., & Chakti, A. G. R. (2024). Komodifikasi Media Sosial dalam Perspektif Teori Jean Baudrillard. Bosowa Journal of Education, 5(1), 177–180. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5462
Masut, V. R., Wijanarko, R., & Pandor, P. (2023). Objektivikasi Subjek dalam Budaya Kontemporer berdasarkan Konsep Hiperrealitas Jean Baudrillard. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 303–315. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i3.59000
Matondang, A. R., Sazali, H., & Zainun, Z. (2024). Exploration of Simulacra in Moderation Messages: Analysis of Salafi Dakwah on Youtube. Journal La Sociale, 5(3), 590–604. https://doi.org/10.37899/journal-la-sociale.v5i3.1170
Muharis, M. (2023). Menciptakan Habitus Moderasi Beragama: Upaya Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam meneguhkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Islam & Contemporary Issues, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.57251/ici.v3i1.903
Mulyanti, D., & Riyanti, V. (2024). Mengupas Hiperrealitas dalam Kehidupan Sehari-Hari: Antara Fantasi dan Kenyataan. Sanak: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 1–10. https://sanak.fusa.uinjambi.ac.id/index.php/jsa/article/view/31
Naamy, N. (2018). Runtuhnya Dunia Sosial di Era Komunikasi Media Simulakra. KOMUNIKE, 10(1), 77–88. https://doi.org/10.20414/jurkom.v10i1.559
Nedashkivska, T., Zarichanskyi, O., Pugachov, V., Shostak, V., & Stoliarchuk, N. (2024). Analysis of Cultural and Identity Transformations in The Modern World. Multidisciplinary Reviews, 7(10), 2024244. https://doi.org/10.31893/multirev.2024244
Oktavianingtyas, I., Seran, A., & Sigit, R. R. (2021). Jean Baudrillard dan Pokok Pemikirannya. PROPAGANDA, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.258
Rahmawati, B., & Muhid, A. (2019). Analisis Wacana Kritis di Media Sosial (Studi pada Fenomena Pro-Kontra Penolakan Dakwah Ustadz Abdul Somad). Jurnal Dakwah Tabligh, 20(1), 126. https://doi.org/10.24252/jdt.v20i1.9608
Rangkuti, F. khairunnisa, & Tanjung, M. (2025). Manajemen Penguatan Moderasi Beragama: Studi Masjid Perguruan Tinggi Negeri di Medan. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 150–161. https://doi.org/10.29240/JDK.V10I1.12944
Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1), 72–82. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V4I1.170
Sa’ad, M., Baharun, H., & Istifa, F. A. (2020). Simulakra Bahasa Agama Da’i Milenial di Media “TikTok.” Jurnal Komunikasi Islam, 10(2), 235–255.
Salianto, S., Alifah, N., Istianah, I., & Nasution, D. A. (2025). Pengaruh Religiusitas terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v5i1.4257
Saumantri, T. (2023). Hyper Religiusitas di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Keberagamaan di Media Sosial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1), 107–123. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i1.646
Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.7177
Siahaan, S. R., Rozi, F., & Syam, A. M. (2022). Konstruksi Identitas Virtual pada Film Ready Player One (2018). At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 6(2), 411–425. https://doi.org/10.47006/ATTAZAKKI.V6I2.13472
Siswadi, G. A. (2022). Hiperrealitas di Media Sosial dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(1), 9–18.
Utami, D. R., Sumanti, S. T., & Zuhriah, Z. (2025). Transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara: Dinamika dan Tantangan, 2014-2020. Local History & Heritage, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.57251/LHH.V5I1.1631
Wandalibrata, M. P. (2020). Simulakra Sebagai Pembentuk Realitas Palsu. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 1(2), 56–58. https://doi.org/10.47532/jic.v1i2.17
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.11186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Abdul Rahman Matondang, Syukur Kholil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0