Faktor Penyebab Perilaku Membolos Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busmayaril, B., & Umairoh, E. (2018). Mengatasi Perilaku Membolos Peserta Didik Menggunakan Konseling Individual. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.24042/kons.v5i1.2659
Dwijayanti, P., & Puspitarini, I. Y. D. (2023). Bahaya Perilaku Membolos dan Kurangnya Sopan Santun Pada Prestasi Belajar Siswa. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1624–1631. https://doi.org/10.29407/2xh7xa50
Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21
Fikri, A., Sinring, A., & Pandang, A. (2022). Penerapan teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 11 Sidrap. Pinisi Journal of Education, 1(1), 1–25. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25296
Fitriyani, U. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Reinforcement Terhadap Penurunan Perilaku Membolos Siswa. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2017
Graciani, W. (2011). Perilaku Membolos Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Membolos Siswa. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/18795/Perilaku-membolos-siswa-studi-deskriptif-kualitatif-tentang-perilaku-membolos-siswa-di-SMP-Negeri-2-Delanggu-Kecamatan-Delanggu-Kabupaten-Klaten
Indari, T. (2023). Konseling Individu Teknik Behavior Contract untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah di SMK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.17977/um065v3i12023p12-21
Kartono, K. (2003). Bimbingan bagi anak dan remaja yang bermasalah. Rajawali Press.
Marthen, Y. (2018). Pengaruh Kontrol Diri dan Stres Sekolah Terhadap Perilaku Membolos. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4), 526–532. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4676
Mogulescu, S., & Segal, H. J. (2002). Approaches to truancy prevention. Delta Kappa Gamma Bulletin., 65(2), 23–28. https://vera-institute.files.svdcdn.com/production/downloads/publications/approaches-to-truancy-prevention/legacy_downloads/Approaches_to_truancy.pdf
Mutaqin, A., Sutardi, D., & Sulusyawati, H. (2019). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Untuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 31. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i2.520
Prameswari, F. E., Ratnawati, V., Yuliani, I., & Puspitarini, D. (2025). Krisis Membolos Siswa dan Rendahnya Self Control di Lingkungan Teman Sebaya. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 919–925. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6593
Pratiwi, U., Syukur, Y., & Sukma, D. (2024). Dominasi Materi Bidang Pengembangan yang Diberikan Guru BK terhadap Siswa SMP Negeri 2 Pariaman. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.38035/jpsn.v2i2.169
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Pendukung. Rajawali Press.
Qomaria, S., Arifin, M. T., & Djonu, A. (2022). Pemberian Layanan Informasi untuk Mengurangi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Maumere. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 87–95. https://doi.org/10.23887/jjpe.v14i1.46528
Ruwanda, L. (2023). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya terhadap Perilaku Membolos. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(2), 101–114. https://journal.unnes.ac.id/nju/INTUISI/article/view/11601
Salsabila, N., & Muhid, A. (2021). Efektivitas Pendekatan STEAM Berbasis Parental Support untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Belajar Dari Rumah selama masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 247–253. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.194
Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 80. https://doi.org/10.23916/08408011
Sari, W. P., & Muis, T. (2018). Studi Kasus Tentang Perilaku Membolos di SMA Negeri 1 Plumpang Tuban. Jurnal BK Unesa, 3(1), 23–30. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/25883
Sariyasni, & Budiyono. (2019). Studi Tentang Perilaku Membolos pada Siswa Di Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 799–810. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2637
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 99–108. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.90
Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH.
Thayibatunisa, A. S. S., Deratian Prima Aulia Putri Khusayu, Ganis Ainnur Rahma, & Vany Dwi Putri. (2024). Peran Guru BK Dalam Menangani Perilaku Membolos di SMAN 8 Kota Cirebon. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 377–383. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.417
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i2.11851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Abdan Syakura, Neviyarni Neviyarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
