Hubungan Stres Akademik dan Kecanduan Game Online: Studi Korelasional pada Siswa SMAN 1 Baso
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsy, W. M., & Annisa, F. (2022). Tingkat Stres Akademik Dan Prestasi Akademik Pada Siswa Siswi SMA Kartika VIII-1 Di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 6(1), 68–74. http://ojs.akperkerishusada.ac.id/index.php/akperkeris/article/view/70
Asri, A. R., Saman, A., & Umar, N. F. (2022). kecanduan Game Online Siswa dan Penanganannya Pada Era Pandemi : Studi Kasus Siswa Sekolah. Pinisi Journal of Art, Humanity & Social Studies, 2(6), 190–200. https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/download/38653/18118
Bahtiar, A. (2022). Penanganan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Bandung. Jurnal Madaniyah, 12(2), 217–226. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v8i2.32318
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136
Citrayani, N. K. (2022). Hubungan Tingkat Stress dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja di SMA Negeri 1 Susut Bangli. Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Denpasar. https://library.itekes-bali.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13149&keywords=
Clark, N., & Scoot, P. S. (2009). Game addiction: the experience and the effects. McFarland & Company, Inc., Publishers Jefferson,. https://doi.org/10.5860/choice.47-3624
Febriandari, D., Nauli, F. A., & Rahmalia, S. H. (2016). Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Identitas Diri Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50–56. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/3904
Fuadi, A., Suprapti, F., Pranawukir, I., & Taupiq. (2023). Strategi Konseling Individual Untuk Mengatasi Stres Akademik. Journal on Education, 06(01), 1–9. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3341
Ghatol, S. D. (2019). Academic stress among school students. In Allied Publisher. https://books.google.co.id/books?id=tqc5EAAAQBAJ
Hardiningsih, R. (2020). Gambaran Kecanduan Bermain Game Online Pada Remaja Di SMA Panca Budi Medan. Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/12316
Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123. http://jurnal.konselingindonesia.com
Hariko, R. (2017). Pengembangan Perilaku Prososial Siswa Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling. April. https://shorturl.at/7bKtJ
Hariko, R., & Ifdil, I. (2017). Analisis Kritik Terhadap Model Kipas; Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2), 109–117. https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/205
Karneli, Y., Ardimen, & Netrawati. (2019). Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 4(2), 42–47. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/3083
King, D., & Delfabbro, P. (2019). Internet Gaming Disorder: theory, assesment, treatment, and prevention. Elsevier Academic Pres. https://repo.dinus.ac.id/items/619c93a1-1ad3-4dd8-8eb2-991aa150000a
Pande, N. P. A. M., & Marheni, A. (2015). Hubungan Kecanduan Gameonlinedengan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p05
Rahmawati, W. K. (2016). Keefektifan peer support untuk meningkatkan self-discipline siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1), 15–21. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Rangkuti, R. P., Nasution, I. K., & Yurliani, R. (2020). Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Remaja selama masa. Prosiding Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII), 175–180. https://ojs.unm.ac.id/Temilnas/article/view/20039
Rauf, A. A., Badar, & Arsyawina. (2019). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Tingkat Stres Pada SMA Negeri 5 Samarinda. 05, 1–11. https://www.jstage.jst.go.jp/article/personality/advpub/0/advpub_27.2.10/_pdf/-char/ja
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Phychology: Biopsychosocial Interactions. In Sustainability (Switzerland) (7th ed.). John Wiley & Sons. https://nibmehub.com/opac-service/pdf/read/Health%20Psychology%20Biopsychosocial%20Interactions-%20Sarafino-%20E.P.%207ed.pdf
Simangunsong, S., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Stress dan Kecanduan Smartphone Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Empati, 6(4), 52–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19988
Susanti, M., Fitri, N., & Arjuna, A. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur, Konsentrasi Belajar Dan Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri 1 Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022. Jurnal Keperawatan, 12(1), 40–47. https://doi.org/10.47560/kep.v12i1.469
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150. http://jurnal.konselingindonesia.com
Wulandari, T., Syukur, Y., Netrawati, N., & Hariko, R. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. 7(2), 376–380. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/2282
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuntitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan (4th ed.). Kencana.
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i2.11898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Intan Miftahul Jannah, Rezki Hariko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
