Upaya Meningkatkan Belajar Membaca Permulaan melalui Alat Peraga Gambar dan Kartu Huruf bagi Siswa Kelas I SD Negeri 023898 Kota Binjai T.A. 2016/2017

Masriani Masriani

Abstract


Sebagai upaya tindak lanjut pemberdayaan kualitas belajar mengajar, tulisan ini mempelajari berbagai metode mengajar yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah metode Gambar. Metode ini menyajikan bagaimana melatih siswa bekerja dengan timnya secara aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 023898 Binjai Timur. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan berbasis Gambar memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (50%), siklus II (100%). Penerapan metode Gambar mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil tes siklus siswa, rata-rata jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Gambar sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar dapat dicapai.

Kata kunci: Hasil belajar, gambar, Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, M., & S, S. (1994). Pendidikan Luar Biasa Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Depdikbud.

Amin, M. (1995). Ortopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dasiemi, E. (1995). Psikiatri. Surakarta: FKIP UNS.

Delphie, B. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika Aditama.

Depdiknas. (2006). Kurikulum KTSP SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BSNP.

Munzayanah. (1998). Tuna Grahita. Surakarta: PLB FKIP UNS.

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Porter, B. de, Reardon, M., & Nourie, S. S. (2002). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Somantri, S. (1996). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.

Suryabrata, S. (1983). Pembimbing Psycodiagnostik I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Uzer, U. M. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v1i2.529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Masriani Masriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under CC BY 4.0