ANALISIS DAYA SAING TERHADAP PENJUALAN SECARA ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KECAMATAN MEDAN KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing penjualan secara online dan offline dalam rangka meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Medan Kota. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM, baik dari segi internal seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kendala dalam pemasaran, maupun eksternal seperti ketidaktepatan program dukungan dan tumpang tindih strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data yang objektif dan terukur. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada pelaku UMKM dengan metode purposive cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel yang diteliti, salah satunya melalui uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik penjualan online maupun offline memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM. Pemahaman terhadap strategi penjualan sangat penting bagi UMKM untuk merumuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anoraga Panji “ Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro (Yogyakarta,dwi
wacana, 2010, halaman 32)
Abrams Rhonda “Bussnes plan in a day “ 2008, halaman 215”
David Fred “Manajemen Strategik” Penerbit Salemba empat
Dhika,Agustyas’Prospek Wira Usaha Bisnis penjualan secara online dan offline) 25-april-2012,( hal.3)
Fattah Abdul viant ahmad “Pengaruh Motivasi Produk Dan Orientas Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing. Bandung Hal.14 ”
Halim Abdul “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Perumbuhan Perekonomian Mamaju’ Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, No.2/2020.
Iskandarsyah Triayana SE,MM. , Manajemen Sumber Daya Manusia hal-3
Irawan dan Swarstha Basu “Manajemen Pemasaran Modal” Yogyakarta 2005,h.260
Karim Djamaluddin” Marketing Mix Pengaruh Terhadap Volume Penjualan” Maret,2014 halaman.421
Kotler Philip dan Keller Lane Kevin, 2009. Manajemen Pemasaran Jakarta: Penerbit Indeks
Kasmir, kewirausahaan.(Jakarta: Rajawali Pers,2006) hal. 1
Lane Kevin dan Kloter Philip” “Manajemen Pemasaran” edisi12 Jilid pertama (PT.Indeks,2007) Halaman,421
Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Terbitan Kesaint Blanc.
Prawirosentono Suyadi, 2007. Pengantar Bisnis Modern Studi Kasus Indonesia Dan Analisi Kuanttatif. . Jakarta Bumi Aksara.
Pitter Abdullah “ Daya Saing Daerah,Konsep Pengukuran diIndonesia” Yogyakarta, 2002 ,halaman.47
Potter A Micheal “ Strategi bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing “ Halaman 52, Pengarang Michael Potter
Riski Kuvita pemasaran online dan offline, 1-Mei-2017
Salim Leonardus “kewirausahaan”(Jakarta,SalembaEmpat,2009)halaman,125”
Swarjana Ketut I,2022. Populasi Sampel Teknik Sampling dan Bias Dalam Penelitian. Bandung: penerbit Andi Offset
Sugyono, 2016. Metode Penelitian Kuantatif,Kualittif dan R&D.Penerbit Alfabeta
Suryana,kewirausahaan pedoman praktis kiat dan proses menuju sukses( Jakarta Salemba Empat,2006) halaman,155-156
Soeprihanto J. Sumarni M,”PengantarBisnis” (Yogyakarta,2003) Halaman.321
Tambunan Tulus,2017. Usaha Mikro,Kecil dan Menengah.Penerbit Ghalia Indonesia. Halaman 55
Tjipton Fandi “Pemasaran Strategi” (Yogyakarta penerbit, Andi,2008) halaman283
Taufik Hidayat,” Panduan membuat took online dengan Commerce” (Jakarta: Mediakita, 2008) Halaman115
DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v4i2.11135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rosya Azzahra, Eli Agustami, Sumiati Sumiati
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License