Pengaruh Labelisasi Halal Produk Indomie Dan Harga Terhadap Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang)

Laila Efrida Dalimunthe

Abstract


Label halal yang terdapat pada kemasan produk indomie mempunyai hubungan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk indomie, ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.001 < 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan labelisasi halal pada produk indomie memberikan nilai positif yang memiliki peluang besar dalam mempengaruhi keputusan membeli konsumen. Harga dari produk indomie yang terjangkau dan beragam sesuai dengan jenis produk mempunyai hubungan dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk, ditunjukkan dengan tingkat signifikan 0.004 < 0.05, hal tersebut membuktikan bahwa harga dari produk indomie yang terjangkau dan beragam sesuai jenis produk memberikan nilai positif yang memiliki peluang besar dalam mempengaruhi minat membeli konsumen. Labelisasi halal dan harga menpunyai hubungan dan secara serentak (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk indomie. Tingkat kesadaran akan kehalalan produk indomie dan harga yang terjangkau ditunjukkan dengan adanya pengaruh label halal dan harga dengan keputusan membeli produk indomie melalui uji regresi dengan nilai sebesar 0.318 atau 31.8%. Hal ini dapat dimaknai bahwa label halal dan harga yang terjangkau secara langsung dapat memberikan informasi akan kualitas dan mutu produk sehingga mempengaruhi  konsumen dalam proses keputusan membeli.

Full Text:

PDF

References


Apriyantono, Anton dan Nurbowo, Panduan Belanja dan Konsumsi Halal, Jakarta: Khairul Bayaan, 2003.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Renika Cipta. 2006.

Agusti, Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro, 2006.

Bagian Proyek Sarana Dan Prasarana Produk Halal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Penyelenggaraan Haji, Himpunan Fatwa MajelisUlama Indonensia, Jakarta: Departemen Agama, 2003, hlm 287- 288.

Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal, Malang: UIN-MALIKI PERS, 2001.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2008.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua, Penerbit Universitas Diponegoro, 2009.

Jonathan, Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta :Graha Ilmu, 2006

Nasir, Muhammad, Metode Penelitian, Jakarta:Penerbit Ghaila, 2003.

Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), Bogor: Kencana, 2003

Permerintah Indonesia, Peraturan Pemerintah nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label danIklan, 1999.

Philip Kotler, Keller, Kavin lane, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, implementasi, Pengendalian, 2003.

Philip Kotler dan Gerry Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Prenhalindo, 1997

___________________,Prinsip-PrinsipPemasaran, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2001.

___________________, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Prenhallindo, 2002.

Putro, Teknik Penelitian Instrumen Penelitian, Jakarta: Tp, 2012.

Qardhawi, Muhammad Yusuf, Halal dan Haram Dalam Islam, Semarang: Bina Ilmu, 1993.

Sinamora, Henry, Manajemen Pemasaran Internasional, Jakarta: Salemba, 2000.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Bogor: Ghalia, 2001.

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alpabeta, 2008.

Tjiptono, Afandi, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2001.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v1i2.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License