ANALISIS PENGARUH SERTIFIKAT PRODUK HALAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN HERBAL NETWORK INTERNATIONAL-HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA

Ahmad Muhsin Tumangger, Ahmad Adib Nasution, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk analisis pengaruh sertifikat produk halal dalam meningkatkan minat beli konsumen herbal network international-herba penawar alwahida Indonesia. Variabel yang digunakan penelitian ini yaitu srtifikat produk halal (X), dan minat masyarakat membeli produk HNI-HPAI (Y). Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakaan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 21 untuk mendapatkan gambaran umum tentang hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, Y, and C NyenVui, ‘The Role of Halal Awareness and Halal Certification in Influencing Non-Muslims’ Purchase Intention’, in Proceedings of The3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012), 2012.

Afrianty, Nonie, ‘Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu’, Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1.2 (2020

Al Farisi, Muhammad Salman, ‘Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta’, Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1.2 (2020)

Amanu, Ananda Abdillah, ‘Analisis Perilaku Pembelian Kosmetik Halal Berdasarkan Theory of Planned Behaviour (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Yogyakarta) The Analysis on the Cosmetic Purchasing Behaviour Based on the Theory Planned of Behaviour (Case Stud’, 2019

Aziz, Muhammad, ‘Perspektif Maqashid Al-Syariah Dalam Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Di Indonesia Pasca Berlakunya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal’, Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7.2 (2017)

Budiman, Fathan, ‘Sertifikasi Halal Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Studi Tentang Keputusan Pembelian Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia)’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.2 (2020

Chairunnisyah, Sheilla, ‘Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika’, EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3.2 (2017)

Indika, Deru R, and Cindy Jovita, ‘Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen’, Jurnal Bisnis Terapan, 1.01 (2017)

Izzuddin, Ahmad, ‘Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner’, Jurnal Penelitian IPTEKS, 3.2 (2018)

La Abute, Erniwati, ‘Konsep Kesadaran Sosial Dalam Pendidikan’, JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 3.2 (2019)

Listyawati, Indri Hastuti, ‘Peran Penting Promosi Dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen’, Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3.1 (2016)

Luthfi, Bagus Adi, and Imam Salehudin, ‘Marketing Impact of Halal Labeling toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention Based on Ajzen’s Planned Behavior Theory: Policy Capturing Studies on Five Different Product Categories’, ASEAN Marketing Journal, 3.1 (2011)

Nukha, Zakiya Ulin, Rini Rahayu Kurniati, and Ratna Nikin Hardati, ‘Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Herbal HPAI Di Kecamatan Poncokusumo)’, Jiagabi, 10.1 (2021)

Nurhasah, Saniatun, Jono M Munandar, and Muhammad Syamsun, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal Pada Konsumen’, Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8.3 (2017)

Purwanti, Oleh Endang, ‘Analisis Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Stie “Ama” Salatiga’, AMA Salatiga, 8.16 (2015)

Rahmi, Rika, ‘Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk HNI-HPAI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)’ (IAIN Padangsidimpuan, 2019)

Rondonuwu, Alyssa Nikyta Taliwongso, ‘Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan Dan Niat Beli Calon Pengguna Smartfren Andromax Di Sidoarjo’ (STIE PERBANAS SURABAYA, 2014)

Satria, Arief Adi, ‘Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36’, Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2.1 (2017)

Setyaningsih, Eka Dyah, and Sofyan Marwansyah, ‘The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying

Halal Food Products’, Syiar Iqtishadi: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3.1 (2019)

Shaari, Jamal Abdul Nassir, and N S Mohd Arifin, ‘Dimension of Halal Purchase Intention: A Preliminary Study’, 2009

Solin, Nova Yanti, Alim Murtani, and Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Dalam Keputusan Pembelian Produk HNI-HPAI Di Kota Medan’, Jurnal FEB, 1.38 (2020)

Sugiyoyo, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B (Bandung: Alfabeta, 2012)

Sukotjo, Hendri, and Sumanto A Radix, ‘Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, Dan Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta Di Surabaya’, Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1.2 (2010)

Wahyuny, Ikka Nur, ‘Pengembangan Modul Edukasi Literasi Keuangan Islam Dan Produk Halal Dengan “ADDIE”’, in Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 2017

Wibasuri, Anggalia, Tantri Tamara, and Yanu Adi Sukma, ‘Measurement Social Media Marketing Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Belanja Online Shopee’, in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2020, I


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License