ANALISIS SAHAM SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBELI SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA CABANG MEDAN

Siti Sholehaa Sipayung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saham syariah terhadap minat masyarakat membeli saham syariah di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang digunakan penelitian ini yaitu saham syariah (X), dan minat masyarakat membeli saham syariah (Y). Pada Penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakaan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26 untuk mendapatkan gambaran umum tentang hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.


Full Text:

PDF

References


Ali Muhammad, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pustaka Amani, Jakarta, 1947

Abdul, Nazaruddin, Memahami & Membedah Obligasi pada Perbankan Syariah, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 2010

Alwi, Hasan et. All, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2008

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta, 2006

Darmadji, Tjiptono, Pasar Modal Indonesia, PT Salemba Emban Patria, Jakarta, 2001

Darmawan, Akhmad, dan Julian Japar, Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal Dan Motivasi Terhadap Minat Investasi DiPasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Feb Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 2019

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahannya, Toha Putra, Semarang, 1989

Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Nomor 32/DSN-MUI/IX/2002 Obligasi Syariah

Fatwa DSN-MUI No. 40/DSN-MUI/2003 Tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal

Fielnanda, Refky,“Konsep Screening Saham Syariah di Indonesia” Journal of Islamic Economic, Vol.2 No.2, 2017

Husnan, Suad, Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas,UPP ykpn, Yogyakarta, 2010

Irawan, Kadi “Pengaruh Efek Syariah Terhadap Peningkatan Jumlah Investor di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal, 2010

Manan, Abdul, Aspek Hukum dalam Penyelenggaraan Investasi di Pasar Modal Syariah Indonesia, Kencana, Jakarta, 2009

Nazir, Moh, Metode Penelitian, Bogo Ghalia Indonesia, cet IV, 2004

Nazir, Ahmad, “Pasar Modal Syariah di Indonesia” Jurnal Hikamuna vol.1 No. 2, 2016

Nurul, Huda, dan Mohammad Heykal, Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2010

PT Bursa Efek Indonesia, Laporan Tahunan 2020, Indonesia Stock Exchange, 2020

Purboyo et. All, Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Resiko dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah, Jurnal wawasan Manajemen, 2019

Statistik Pasar Modal Syariah, Direktorat Pasar Modal, Otoritas Jasa Keuangan

Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, Penerbit Anggota IKAPI, Jakarta, 1993

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabet , Bandung, 2010

Soemanta, Andri, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Prenada Media, Yogyakarta 2015

Samsul, Mohamad, Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Erlangga, Jakarta, 2016,

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung, 2013

Suliyanto, Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 2011

Ulinnuha, Muhammadet. All, Persepsi Investor Pemula terhadap Pembelian Saham Syariah di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2020

Umam, Khaerul, Pasar Modal Syariah & Praktek Pasar Modal Syariah, Pustaka Setia, Bandung

Wicaksono, Satrai, Adhi ,”Pengaruh Merek Dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen” Jurnal Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, 2015

Widiyanto, metode Penelitian, BP Undip, Semarang, 2013

Wira, Desmon,Memulai Investasi Saham, Exced, Jakarta, 2015

Zandi, Gholamreza, dkk, “Stock Market Screening An Analogical Study on Conventional and Shariahh – Compliant Stock Markets”, Asian Social Science, Vol.10 No 22, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.