Pengaruh Label Halal Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Di MC Donald Sisingamangaraja Medan

Putri Natasya Fahira, Ahmad Adib Nasution, Arifa Pratami

Abstract


McDonald merupakan salah satu perusahaan waralaba terbesar di dunia, sudah tersebar diberbagai Kota di Indonesia salah satunya di Kota Medan salah satu cabangnya di Jalan Sisingamangaraja, yang telah banyak dikunjungi oleh konsumen yang menurut hasil observasi penulis bahwa hampir setiap hari pengunjung atau konsumen McDonald kurang lebih 187 orang dan dari sekian banyak konsumen McDonald 90% adalah masyarakat beragama Islam atau konsumen muslim. Diketahui bahwa McDonald perusahaan yang berasal dari Amerika namun dalam pengelolaan dan jenis makanan yang disajikan dikelola oleh orang muslim dan sesuai dengan syariat Islam, hal ini terlihat dari label yang dicantumkan dalam merek McDonald dengan label halal. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah pengaruh label halal terhadap keputusAn pembelian makanan cepat saji di McDonald Sisingamangaraja Medan. Apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji di McDonald Sisingamangaraja Medan. Bagaimana label halal dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian makanan cepat saji di McDonald Sisingamangaraja Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan 42 sampel metode penelitian kuesioner dan analisis statistik. Hasil Penelitian ini menggambarkan Terdapat pengaruh yang signifikan antara Label Halal terhadap keputusan pembelian pada McDonald Sisingamangaraja Medan. Maka H0 di terima dan Ha di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel Label Halal secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas Pelayanan terhadap terhadap keputusan pembelian. Terdapat label halal dan keualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Pada McDonald Sisingamangaraja.


Keywords


Label Halal, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Apriyantono, Anton dan Nurbowo, Panduan Belanjadan Konsumsi Halal, (Jakarta: Khairul Bayan, 2003)

Bilson, Simamora, Memenangkan Pasar Dagang Pemasaran Efektif dan Profitabel

(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2021)

Bagian Proyek Sarana dan Prasarana Produk Halal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelengaraan Haji, Dalil dan Pertimbangan Penetapan Produk Halal, (Departemen Agama RI, Jakarta, 2003)

Budiarti, Lita, Pengaruh Label Halal, Exposure, Dan Health Terhadap Halal Awareness Dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kfc Cabang Kawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. 2018.

Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikat Halal, (Bumi Aksara Jakarta, 2011)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Depag RI, Jakarta, 2016) Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016)

Dini, Monetha, Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung), 2021.

Fandy, Tjiptono, Prisnip-Prinsip Total Quality Service (Yogyakarta: Andi, 2015)

Husnul, Tafzirah, Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusanpembeli Produk KFC (Studi Pada Kfc Hertasning Di Kota Makassar), 2023.

Ismail, Nawawi, Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer Hukum Perjanjian, Ekonomi Bisnis, Sosial (Bogor: Ghalia Indonesia, 2017)

Kasmir, Etika Costumer Service (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015)

Kevin Yonathan Harry Miauw,"Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild", Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Volume 1, Nomor 5, (Desember 2016)

Muhammad, Ekonomi Mikro Islam, (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2016) Muhammad, Ekonomi Mikro Islam, (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2016) Philip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Prenhallindo, 2020)

Rizan, et al. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedap), 6(1) (2015)

Raja S.P.Harahap, Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Membeli Produk Makanan Dan Minuman (Studi Kasus Lingkungan VI Kelurahan Nangka Binjai Utara), 2020.

Rahmat R, Pengaruh Labelisasi Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Makanan Cepat Saji BFC Di Sukarame Menurut Perspektif Ekonomi Islam, 2023.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bumi Aksara, Jakarta, 2016)

Suharsimi Arikunto, Pengantar Suatu Penelitian, (Bumi Aksara, Jakarta, 2016)

Suharso danYudi Sutarso, Marketing in Practice, (Yogyakarta: GrahaIlmu, 2010)

Stanton, William J. Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Penerbit Erlangga Cetakan Ketujuh, 2015)

Sofyan Assauri, Manajemen Pemasaran (Jakarta: PT Grafindo Persada, 2017)

Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi, (Intermedia, Jakarta, 2017)

Tjiptono, Dasar-Dasar Pemasaran, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2023)

WJS. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016)

Yadi Janwari, Pemikiran Ekonomi Islam, (Bandung: Rosda, 2016)




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v4i1.8219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Natasya Fahira, Ahmad Adib Nasution, Arifa Pratami

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License