Pengaruh Promosi Digital Dan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru

Melda Sari, Eli Agustami, Indra Suardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1). pengaruh Promosi Digital terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru.2). pengaruh Produk terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru. 3). pengaruh Promosi Digital dan Produk terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi Sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Promosi digital berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru.2). Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru.3). promosi digital dan keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Medan Baru.


Keywords


Promosi Digital, Produk dan Keputusan Nasabah Menabung

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, hlm 36

Andhita Dessy Wulansari. 2016. “Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian” (Yogyakarta: Pustaka Felicha), hal. 37

A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : prenada media group, hal. 144.

Arikunto Suharsimin. 2011. Standar Eror dalam Penelitian Kuantitatif, Bandung. Gramedia, 2011, hlm. 12

Boone dan Kurtz. 2008. Pemasaran Kontemporer, terj. Arum (USA: Thomson Higher Education), 488.

Budi Gautama Siregar. 2018. Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padang sidempuan, Padang sidempuan: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, Vol. 04 No. 3.

“Bibit, Wawancara, 15 Januari 2023”

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Diponegoro, Bandung, hlm. 408

Desiana, Dewi Susilowati dan Negina Kencono Putri. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu AkuntansiVolume 11 No.1.

Imam Ghozali. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21 Update PLS Regresi” (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro), h. 52.

.

Jonathan Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Kuantitatif, Media Komputindo, Jakarta, hlm 37

Kasmir. 2004. Pemasaran Bank (Jakarta: Prenada Media), 135.

Kotleriand Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Terj Septi, 153.

Khotibul Umam, Bank Muamalat: Dasar-dasar dan Dinamika Perkemba Indonesia (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persabda, 2016), 80.

“Khumairotus solihah, Wawancara, 15 Januari 2023”

“Laporan Tahunan Bank Muamalat”, dalam www.bankmuamalat.co.id pada 12 November 2022 Pukul 12.00 WIB.

Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi kedua (Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN), 225.

Nugroho J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen (Jakarta: Kencana Prenada Media Group), 342.

Nurul Inayah dan Sri Sudiarti.Analisis Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Pt. Bprs Puduarta Insani), hal. 206.

Nur Rianto Al-Arif. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Muamalat (Bandung: CV Alfabeta), 170.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, terj. Bob Sabran, 24.

Prof. Dr. Muhamad, M.Ag. 2019. Sistem Keuangan Islam : Prinsip dan Operasionalnya di Indonesia. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, hal. 3.

Sentot Imam Wahjono. 2010. Manajemen Pemasaran Bank (Yoyakarta: PT. Graha Ilmu), 15-16.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kombinasi (Bandung. CV Alfabeta), 97

Suriyani dan Hendrayadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif, Prenada Media Group, Jakarta, hlm 171

Syofian Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, hal. 34.

Winamo Surakhmad. 2002. Pengantar Penelitian Iilmiah dasar Metode dan Teknik, Tarsito, Bandung, hlm 26




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v4i1.8287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Melda Sari, Eli Agustami, Indra Suardi

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License