PENGARUH BAGI HASIL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT KONSUMEN DI RAHMAD KONVEKSI KELURAHAN BINJAI, KECAMATAN MEDAN DENAI

Nisdaria Nisdaria, Ahmad Adib, Siti Marisa

Abstract


Industri merupakan suatu usaha atau kegiatan pengelolaan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi bahan jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Keberhasilan marketing produk pakaian dari konveksi tersebut berkaitan dengan strategi pemasaran yang digunakan manajer untuk mendorong minat konsumen untuk melakukan pembelian, kemungkinan selanjutnya konsumen akan merasakan kepuasan terhadap sebuah produk dan timbul niat untuk melakukan pembelian ulang. Seorang konsumen akan menilai atribut-atribut yang ada pada sebuah produk. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sistem bagi hasil  dan kualitas produk  terhadap minat konsumen di Rahmad konveksi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data hasil penelitian diperoleh secara langsung dari responden, yaitu dengan angket penelitian yang sudah disiapkan berupa pernyataan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden yang melakukan pembelian produk rahmad konveksi. Pada penelitian ini menyajikan informasi mengenai keadaan umum responden berdasrkan jenis kelamin, usia dan tingkat pendidikan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa variabel bagi hasil berpengaruh terhadap minat konsumen dengan nilai 0,057 > 0,05. dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap varibel minat konsumen hal ini ditunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 1.933 > 0.05.


Keywords


Bagi Hasil, Kualitas Produk, Minat Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adhiwarman A. Karim, 2011 Ekonomi Islam suatu Kajian Kontemporer, Jakarta : Gema Insani Press.

Akhmad Mujahidi, 2014 Ekonomi Islam Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara dan Pasar, Jakarta : Rajawali Pers.

Anwar Sanusi, 2012 Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

B Prasetyo dan Lina M Jannah, 2012 Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Burhan Bungin, 2013 Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi, Jakarta: Kencana.

Burhan Bungin, 2005 Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi Dan Kebijakan Publik Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Kencana: Jakarta.

Ferdinand Augusty, metode penelitian manajemen, (Semarang: 2006).

Husein Umar, Studi Kelayakan Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003)

M. Iqbal Hasan, 2002 Pokok- Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Kuncoro, 2003 Metode Riset Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Erlangga,2003

M.Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, (Jakarta: Gema Insani, 2001), h.

Natalia Lia, Analisis Fakor Persepsi yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Bekasi, (Jakarta: Univeritas Gunadarma, 2008)

Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2008 Prinsip–Prinsip Pemasaran Edisi 12 jilid 1 (Jakarta: Erlangga, 2008)

Sadono Sukirno, 2013 Mikroekonomi Teori Pengantar.Edisi ketiga (Jakarta: PT. RajA Grafindo Persada.

SchiffmanL dan Kanuk L, Perilaku Konsumen (Jakarta: Indeks, 2004)

Suharsimi dan Arikunto. 2009 Managemen Penelitian, Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Syaifudin Azwar. 1999 Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Suryani Subrata 1995 Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sofyan Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi. Ed.Revisi, (Jakarta: FE UI, 2001).

Wahid Sulaiman, 2010 Analisis Regresi Menggunakan SPSS: Contoh Kasus dan Pemecahannya, Yogyakarta.

Wirdyaningsih, dkk, Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2005)




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v4i1.8370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nisdaria Nisdaria, Ahmad Adib, Siti Marisa

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License