PERANCANGAN SISTEM PENDETEKSI UANG PALSU UNTUK TUNA NETRA MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

Herdianto Herdianto, Silvia Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah system yang dapat mengetahui  nilai nominal  dan keaslian  uang kertas  rupiah menggunakan  Arduino uno  serta mengetahui tingkat  akurasi  dari system yang telah dirancang. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan  dapat   membantu para tuna  netra dalam melakukan transaksi jual beli  dan hal lainnya. Sistem   yang dirancang terdiri  dari 2  bagian  yaitu perangkat keras  dan lunak. Untuk perangkat keras berisi sensor (cahaya, warna TCS 3200), arduino uno, LCD, DF Player  dan  loud speaker. Dalam penelitian ini metode yang  digunakan aplikasi dengan demonstrasi dan  uang   kertas  yang diuji hanya pecahan Rp. 20.000, 50.000, 100.000. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui akurasi  pembacaan nilai nominal uang kertas masing–masing  mencapai 90%, 100% dan 80%, sedangkan untuk pendeteksian uang palsu  masih  dalam  tahap pengujian.


Full Text:

PDF

References


Porbadi, Dwi Aryo, 2014, Alat Pendeteksi Nominal Uang Kertas Untuk Penyandang Tunanetra. Jurnal Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industry, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Vol. I No.1, Hal. 1-6

Jagdish N. Sheth, 2007, The Self Destructive Habits Of Good Companies And How To Break Them” Pearson Education, Inc. diterjemahkan oleh Hendro Prasetyo dengan judul “7 Tanda Kehancuran Bisnis Sukses Waspadai Kebiasaan Buruk Pemicu Kebang krutan Bisnis Anda”, Cetakan kedua, PT. Gramedia, Jakarta.

Irma Thisca Indriyati, 2010, Analisis Laporan Keuangan Dan Penggunaan Z-Score Altman Untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Perusahaan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006 – 2008. Fakultas Ekonomi Universitas, Sebelas Maret, Surakarta.

Kasmir, 2008, Analisis Laporan Keuangan, PT . Raja Grafindo Persada, , Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Herdianto Herdianto, Silvia Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License