ANALISIS BIAYA KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING (ABC) (STUDI KASUS : CV. KOTAMA SHOES)

Hadi Purwanto

Abstract


Perhitungan dan analisis biaya kualitas adalah suatu langkah awal dalam program Total Quality Management. Permasalahan yang ada pada perusahaan ini adalah belum adanya perhitugan biaya kulitas. Perhitungan dilakukan terhadap empat elemen biaya kualitas, yaitu biaya pencegahan dan penilaian (conformance), biaya kegagalan internal dan biaya eksternal (non-conformance). Analisis biaya kualitas dapat digunakan sebagai informasi awal diperlukan atau tidaknya improvement. Perhitungan biaya kualitas pada penelitian ini menggunakan metode ABC. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghitung total biaya kualitas dan komposisi elemen-elemen penyusunnya. Perhitungan biaya kualitas pada CV. Kotama Shoes melibatkan biaya-biaya yang terjadi pada rentang tahun 2016 sampai tahun 2017. Salah satu tool yang digunakan adalah diagram sebab akibat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya kegagalan memiliki proporsi terkecil yaitu sebesar 13%, dan kondisi penjualan paling tinggi sebesar 0,5%.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, Arif, Ratna Sumira. (2014). Perhitungan Cost of Poor Quality pada PT. Techwah Paper Products Indonesia Periode 2010 – 2011. Batam: Politeknik Negeri Batam.

Feighbaum, A. V., 1983, Total Quality Management, 3rd Edition. New York: Mc.Graw-Hill.

Hidayat, M. T., 2008, Perhitungan dan Analisis Cost of Quality untuk Produk Locker Berbahan Metal (Studi Kasus pada PT.X). Depok: Universitas Indonesia.

Juran, J. M., 1997, Juran's Quality Handbook, 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Kusmariyati, Nani, dkk., 2008, Analisis Cost of Poor Quality sebagai Alat Penilaian Kegiatan Perbaikan Kualitas (Studi Kasus pada PT. Garuda Budiono Putra Tegal). Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Minartha, T., 2011, Perhitungan dan Analisa Biaya Kualitas Menggunakan Metode Activity-Based Costing untuk Mengetahui Peluang Perbaikan Kualitas pada Perusahaan Kelapa Sawit. Depok: Universitas Indonesia.

Sujarweni, V. Wiratna, 2015, Akutansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tanjung, Meirlina, 2011, Analisis Biaya Kualitas pada PT. Sinar Alam Permai Palembang. Palembang.

Tsai, W.-H. (1998). Quality Cost Measurement under Activity-Based Costing. Quality Cost Measurement under Activity-Based Costing, National Central University, Chung-Li, Taiwan, Republic of China International Journal of Quality & Reability Management, Vol 15 No.7, 719-752.

Wibowo, Cindy, Kinley A. (2014). Penerimaan Lean Six Sigma dan Activity – Based Costing pada Perusahaan Garmen PT X. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hadi Purwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License