ANALISIS KINERJA CIRCUIT BREAKER PADA SISI 150 kV GARDU INDUK LAMHOTMA

Yusniati Yusniati, Elvy Sahnur Nasution, Rizki Indra Pangestu

Abstract


Circuit Breaker (CB) atau Pemutus Tenaga (PMT) adalah peralatan pemutus, yang berfungsi untuk memutus rangkaian listrik dalam keadaan berbeban. Dalam kehidupan sehari-hari sering terjadi berbagai macam gangguan dalam konsumsi listrik. oleh karena itu untuk mencegah gangguan tersebut terjadi maka diperlukan circuit breaker. Pemasangan circuit breaker ditujukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada peralatan - peralatan Gardu Induk yang nantinya akan menyebabkan terhambatnya penyaluran tenaga listrik ke beban (konsumen). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja circuit breaker pada saat terjadinya gangguan serta untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja circuit breaker pada Gardu Induk Lamhotma. Adapun hasil penelitian terkait kenerja circuit breaker pada gardu induk Lamhotma adalah bahwa Kinerja Circuit Breaker Pada Sisi 150 kV Gardu Induk Lamhotma dalam kategori baik.hal tersebut dilihat dari setting waktu kerja relai arus lebih yang terpasang pada penyulang 20 kV Gardu Induk Lamhotma yaitu tidak lebih kecil dari 0,3 detik (keputusan ini diambil agar relai tidak sampai trip lagi akibat adanya arus inrush dari transformator-transformator arus yang telah terhubung ke jaringan yang lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari circuit breaker atau PMT yaitu besarnya arus gangguan hubung singkat yang terjadi. Besar atau kecilnya arus gangguan itu dipengaruhi oleh jarak terjadinya gangguan, semakin jauh titik gangguan maka semakin kecil arus gangguan yang terjadi begitu pula sebaliknya, semakin dekat titik gangguan maka semakin besar pula arus gangguan yg terjadi. Kemudian yang berikutnya mempengaruhi kinerja circuit breaker atau PMT adalah setting relai arus lebih. Semakin cepat waktu kerja relai untuk memerintahkan circuit breaker atau PMT memutus jaringan maka akan semakin baik pula kinerjanya.


Full Text:

PDF

References


E. Tirana, Pemisah dan penghubung pada Gardu Induk Pemisah dan penghubung pada Gardu Induk, pp. 1–19.

S. S. Tofan Aryanto, Sutarno, 2013, Frekuensi Gangguan Terhadap Kinerja Sistem Proteksi di Gardu Induk 150 KV Jepara, J. Tek. Elektro, vol. Vol. 5, no. 2, p. 10.

K. M. Mu’ammar, 2000, Evaluasi Penggunaan Circuit Breaker PadaGardu Induk Bukit SiGuntang Palembang, KGS. M. MU’AMMAR 0611 3031 0158 Politek., p. 3.

M. A. A. Putra, 2017, Analisis Gangguan Terhadap Kinerja Sistem Proteksi di Gardu Induk 150 kV Jeranjang.

N. L. M. J. Ardianto, Firdaus, 2017, Analisis Kinerja Sistem Proteksi Berdasarkan Frekuensi Gangguan Di Gardu Induk 150 KV Garuda Sakti, Anal. Kinerja Sist. Prot. Berdasarkan Frekuensi Gangguan Di Gardu Induk 150 KV Garuda Sakti, vol. 4, no. 1, pp. 1–8.

M. MP, 2015, Klasifikasi Gardu Induk.

M. Rojaq, 2017, Macam-macam Komponen Pada Gardu Induk, [Online]. Available: https://mandornya.blogspot.com/2015/04/macam- macam-komponen-gardu-induk.html.

H. Guntoro, Circuit Breaker – Sakelar Pemutus Tenaga / PMT bagian-1.”[Online]. Available: http://dunia-listrik.blogspot.com/2008/10/circuit-breaker-sakelar - pemutus.html.

M. T. Amelia, 2015, Evaluasi Penggunaan Pemutus Tenaga Pada Gardu Induk Bungaran Palembang.

HaGe, 2009, Relai Arus Lebih, [Online]. Available: http://dunia- listrik.blogspot.com/ 2009/07/ relay-arus-lebih.html.

Bonggas L.Tobing, 2012, Peralatan Tegangan Tinggi. Erlangga.Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yusniati Yusniati, Elvy Sahnur Nasution, Rizki Indra Pangestu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License