SIMULASI PROCESS FLOW PADA PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN KANTIN DI PT. XYZ

Rosnani Ginting, Rinaldi Silalahi, Shelvira Shelvira

Abstract


Fasilitas pelayanan pada sebuah pabrik dapat menjadi salah satu aspek yang mendukung kinerja dari pekerja. Apabila terdapat permasalahan dalam departemen pelayanan, maka hal ini dapat mengurangi kinerja dari pekerja. Salah satu departemen pelayanan tersebut adalah kantin. Kantin merupakan suatu sarana tempat makan yang terdapat di sebuah perusahaan yang biasanya terdiri dari tempat makan ataupun ruangan pendukung seperti tempat memasak, toilet, dan ruang penyimpanan. Dalam prakteknya terdapat beberapa masalah, seperti pekerja terlalu lama mengantri, pekerja terlalu lama menunggu pesanan, atau bahkan pekerja tidak mendapatkan meja dan kursi di kantin sehingga dilakukan simulasi menggunakan software FlexSim 2019 untuk melihat simulasi antrian yang ada pada fasilitas kantin. Setelah dilakukan simulasi selama 8 jam ataupun 1 shift kerja, didapatkan bahwa departemen kantin dapat melayani sebanyak 199 orang pekerja. Terlebih lagi dimasa pandemic Covid-19 saat ini, departemen kantin sangat dianjurkan untuk menerapkan pembatasan jumlah pekerja yang mengunjungi kantin.


Keywords


Pelayanan; Kantin; Simulasi; FlexSim

Full Text:

PDF

References


Hanafi, S., Nursobah, N., & Yunita, Y., 2020, Rancang Bangun Kantin Dan Pengaduan Pelayanan Pada Kantin Al-Khair Smp N 2 Kec. Kota Bangun. Jurnal Informatika Wicida, Vol. 9, No. 1, 23-28.

Prasojo, Lantip Diat., 2013, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, UNY Press, Yogyakarta,

Khotimah, Bain K. 2015. Teori Simulasi dan Pemodelan: Konsep, Aplikasi, dan Terapan. WADE GROUP, Bangkalan

Riyanto, Arifin, Trisharsiwi, 2018, Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Terhadap Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V Sdn Kotagede 3 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, No. 3, 406-407

Kakiay, T. J., 2004, Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sentia, Prima Denny, dkk, 2016, Pendekatan Simulasi Untuk Analisis Antrianpada Bengkel Servis PT. X, Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 15, No.12, 105-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosnani Ginting, Rinaldi Silalahi, Shelvira Shelvira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License