PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN KOPI ARABICA

Thaariq Nasrah, Khairuddin Nasution, Oris Krianto Sulaiman

Abstract


Minum Kopi merupakan salah satu toko yang menjual berbagai macam jenis kopi di Kota Medan. Minum Kopi termasuk brand yang cukup dikenal dikalangan pecinta kopi arabica. Dimana jumlah penjualan produk kopi semakin hari semakin meningkat seiring dengan penambahan jenis produk Minum Kopi. Sehingga data transaksi pembelian konsumen menjadi menumpuk di bagian penjualan dan menjadi data yang tidak terpakai. Untuk itu pimpinan perusahaan menginginkan data transaksi tersebut dapat digunakan kembali untuk mengetahui pola pembelian pelanggan sehingga dapat meningkatkan omset penjualan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem terkomputerisasi yang dapat menggali informasi baru dari tumpukan data-data lama, yaitu dengan menggunakan Data Mining. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah Apriori. Pada penelitian ini akan dibahas teknik asosiasi yang diterapkan untuk menemukan pola yang terjadi pada data-data transaksi terutama hal yang berkaitan dengan pola pembelian kopi arabica. Teknik asosiasi yang akan digunakan adalah algoritma Apriori. Kesimpulan yang diperoleh yaitu dengan menggunakan data mining algoritma apriori dapat membantu perusahaan dalam menentukan pola pembelian kopi arabica. Sehingga aplikasi data mining yang dibangun dapat langsung digunakan oleh perusahaan dan dapat dirasakan manfaatnya

Keywords


Data Mining; Apriori; Pembelian Kopi Arabica

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, 2019, Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Saw Pada Perusahaan Leasing, J. Teknovasi, vol. 6, no.2

Ariefana Ria Rizky, Mujiono Sadikin, 2019, Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Bagi Pelanggan, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3

Dewi Listriani, Anif Hanifa, dkk, 2016, Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro), Jurnal Teknik Informatika, vol. 9, no. 7.

Dini Silvia Purnia, Ai Ilah Warnilah, 2017, Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori, Jurnal IJCIT (Indonesian Journal On Computer And Information Technology), vol. 2, no. 2.

Esis Srikanti, Riska Fitri Yansi, dkk, 2018, Penerapan Algoritma Apriori Untuk Mencari Aturan Asosiasi Pada Data Peminjaman Buku Di Perpustakaan, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 4, no. 1.

Haryo Kusumo, Eko Sediyono, dkk, 2019, Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi, Jurnal WJIT (Walisongo Journal Of Information Technology), vol. 1, no. 1.

Heriyanto, Yunahar, 2018, Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car, Jurnal Intra Tech, vol. 2, no. 2.

Nurmalasari, dkk, 2019, Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Pada PT. United Tractors Pontianak, Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 7, no. 2.

Sandi Fajar Rodiyansyah, 2018, Algoritma Apriori Untuk Analisis Keranjang Belanja Pada Data Transaksi Penjualan, Jurnal Infotech.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Thaariq Nasrah, Khairuddin Nasution, Oris Krianto Sulaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License