Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ISSN : 2550 - 0848 ; e- ISSN : 2614 - 2988

Jurnal yang fokus menerbitkan Penelitian Bahasa; Penelitian Sastra; Penelitian Tindakan Kelas Bahasa; Kajian Pustaka; Pengembangan Bahan Ajar Bahasa; Media Ajar Bahasa; dan Penilaian Pembelajaran Bahasa.

  width=  


Journal Homepage Image

 

HALAMAN

Daftar Isi

i

ANALISIS PENGGUNAAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA, BAHASA ARAB, DAN BAHASA INGGRIS PADA BAHAN AJAR KELAS VIII MTS AL-MA’TUQ

Annisa Delis1, Deden Ahmad Supendi2, Nanang Chaerul Anwar3

1 - 8

ANALISIS UNSUR PEMBANGUN DALAM KUMPULAN PUISI SEGENGGAM CINTA UNTUK SANG MAHA CINTA KARYA M. SAIDATI SEBAGAI BAHAN AJAR

Chikita Celine Putri Prilla1, Asep Firdaus1, dan Hera Wahdah Humaira1

9 - 22

PENGARUH FORMASI TEMPAT DUDUK BERBENTUK “U” TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA KELAS XII IPS 1 DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH AL-ISTIQOMAH KOTA SUKABUMI

Risman Wildan

23 – 28

ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI

Riska¹, Deden Ahmad Supendi², Tanti Agustiani³

29  – 36

ANALISIS KESALAHAN EJAAN DAN KALIMAT DALAM SKRIPSI MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA SEBAGAI DASAR  PENENTUAN  STRATEGI, TUJUAN, DAN BAHAN AJAR MATA  KULIAH BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Nanang Bustanul Fauzi ¹, Maulfi Syaiful Rizal ², Muh. Fatoni Rohman

37 – 42

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROUPLACE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR  SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA SUKABUMI

Arlian Lifani1;Tanti Agustiani2; Nanang Chaerul Anwar3

43 – 48

PENGARUH MODELRESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIKEMBAR

Kustinah1, Tanti Agustiani2, David Setiadi3

49 – 54

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSENT MINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KOTA SUKABUMI

Siti Nurdianti1, David Setiadi2, Deden Ahmad Supendi3

55 – 59

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA SUKABUMI

Ujang Ahmad Faturohman1 ; Asep Firdaus2; Fauziah Suparman3

60 – 64

PENGARUH METODE TTS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII TINGKAT MATHAYOM SANAWI DI ATTAWFIKIAH ISLAMIAH SCHOOL NARATHIWAT THAILAND SELATAN

Neng Desti Siti Nurhidayah¹, Hera Wahdah Humaira², Deden Ahmad Supendi³

65 – 70

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA  PADA SISWA KELAS X-2 TINGKAT MATHAYOM DISEUKSASART ISLAM SCHOOL THAILAND SELATAN

Tiara Ashshiddiqie¹, Fauziah Suparman², AsepFirdaus³

 

 

71 – 76

ANALISIS UNSUR INRINSIK DAN EKSTRINSIK DALAM CERITA HIKAYAT KARYA YULITA FITRIANA DAN APLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS X SMK PRIORITY

Della Maretha R

77 – 81

ANALISIS KESALAHAN SURAT DINAS DESA BOJONGSAWAH SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP

Gita Restu Rahayu

82 – 86

ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK PADA ANTOLOGI CERPEN CATATAN HATI DI SETIAP DOAKU KARYA ASMA NADIA DAN KAWAN-KAWAN SEBAGAI BAHAN PENBELAJARAN SISWA KELAS XI MA AL-MA’TUQ

Fitriyani ¹, David Setiadi², Tanti Agustiani³

87 – 91

PENGARUH MEDIA FILM PENDEK BERJUDUL INILAH AKU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V-2 TINGKAT MATHAYOM DI ISLAMIC SANTITHAM FOUNDATION SCHOOLTHAILAND SELATAN

Dinna Utami¹, David Setiadi², Fauziah Suparman³

92 – 99

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM AKUN-AKUN TWITTER GARIS LUCUSEBUAH TINJAUAN PRAGMATIK

Winaria Lubis

100 – 106

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERBASIS STRATEGI THINK-TALK-WRITE

Agnes Apryliana1, Hany Uswatun Nisa2

107 – 118

PEMANFAATAN CERITA SEPUTAR SUNGAI BENGAWAN SOLO SEBAGAI BAHAN MENULIS CERITA FANTASI BERMUATAN KARAKTER UNTUK SISWA SMP

Sukiman1, Zanuba Arifah Khofshoh2, M. Labib Al Halim3

119 – 125

PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA EFEKTIF SISWA  KELAS VII SMP/MTs SE-KECAMATAN NAMLEA KABUPATEN BURU

Musyawir 1, Rosita Mangesa 2

126 – 133

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPON SISWA KELAS IX SMP PGRI WAIPOTIH

A. Irmawati 1, Nurjana Kalidupa 2

134 – 142

NILAI-NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT PANJALU

Yang Yang Merdiyatna

143 – 148

IMPLIMENTASI  METODE SISTEM ENGLISH QUARANTINE  DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA CALON ENTERPRENUER MUDA

1Nila Afningsih, 2Debbi Chyntia Ovami, 3Dewi Nurmala

149 – 161

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF OLEH MAHASISWA SEMESTER VII FKIP UMSU

Aisiyah Aztry

162 – 168

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS VII-I SMP SWASTA HKBP PULU BRAYAN

Bolon Romasto Sinaga1, Debora Ginting 3, Luckyana3,

Indriani Putri Dewi4 Sri Dinanta Beru Ginting5

169 – 172

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KENDALA DALAM PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI MENULIS PADA SISWA SMP DI KOTA MEDAN

1) Oktaviandi Bertua Pardede, 2) Budi Setia Munte, 3) Henni Novriyanti br. Manullang, 4) Ayu Silvia Manullang, 5) Sahria Sibuea.

171 – 180

ANALISIS PROSES DAN NILAI HATA- HATA MAMBERE PODAH DALAM PERKAWINAN ADAT SIMALUNGUN

Diana Pramita Sumbayak1, Siti Fatimah Sipayung2, Pahala Manik3, Ermina Waruwu4

181 – 189

DIKSI DAN GAYA WACANA PADA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

Nur Intan Panjaitan1, Elis Sentana br Sitepu2, Esra Turut Aritonang3, Christin Agustina Purba4

199 – 195

ANALISIS PROSES, FUNGSI DAN NILAI DIDONGDOAH BIBI SI REMBAH KU LAU DALAM UPACARA PERKAWINAN ADAT KARO

Cindi Klaudia br Girsang1, Sri Wulan D. Br. Sembiring2,  Yopita Nia Sari br Ginting3, Astri Wina Chrisna Sihombing4

196 – 203

PENGARUH MODEL SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING  TEKS LAPORAN OLEH MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Sri Listiana Izar

204 – 207

NOMINALISASI DALAM BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU

Sri Ramadhani

208 – 212

PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI DI SMP SE-KABUPATEN  HUMBANG HASUNDUTAN

Victor Hutasoit, Ilda Hutahaean, dan Ayu Novita Sari Turnip, Sadieli Telaumbanua

213 – 224

EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI MENULIS DONGENG DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UMSU

Winarti dan Mutia Febriyana

225 – 231

PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL)UNTUK SISWA MA AR-RISALAH

Winda Noprina

232 – 240

KAJIAN MATERI PELAJARAN  BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENUJU REVOLUSI 4.0

Lisa Septia Dewi Br.Ginting

241 – 244

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PKN DI  SMP BEKASI

Desi Karolina Saragih

245 – 250

PENGARUH METODE IMAGE STREAMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMA IT INDAH MEDAN

Rika Kartika

251 – 255

PENGARUH MODEL LEARNING TOGETHER (BELAJAR BERSAMA ) DALAM MEMAHAMI WACANA TULIS DI KELAS  XI SMA RK DELIMURNI DELITUA 

Hera Chairunnisa

256 – 262

HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN

Sahri Nova Yoga

263 - 269

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN SISWA KELAS XI SMA UISU MEDAN

Nila Safina dan Rita

270 – 274

 

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS XI SMK PAB 6 MEDAN ESTATE

Amaluddin

275 – 279

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE  PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX SMP NEGERI 2 TANAH PINEM

Herryati Simanullang

280 – 287

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS X SMA KAMPUS FKIP PEMATANGSIANTAR

Junifer Siregar

288 - 295

PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS X SMK DI KOTA DEPOK

Adi Permana

296 - 300