PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM INOVATIF TERINTEGRASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

Febri Yanti

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kelayakan buku penuntun dan kit praktikum kimia inovatif Kelas XI SMA/MA semester genap sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun dan kit praktikum berdasarkan  tanggapan ahli serta mengetahui tingkat kelayakan melalui uji coba pemakaian yaitu dengan uji ketrampilan proses sains.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran terintegrasi Problem Based Learning yang pada prakteknya siswa melakukan percobaan lewat masalah yang diberikan dan melaporkan serta mendiskusikan hasil percobaan yang dilakukan. Selain itu dalam uji keterlaksanaan buku penuntun dan kit praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap respon, sikap dan hasil belajar siswa secara kognitif disekolah dan subjek uji keterlaksanaan terdiri dari dua puluh delapan siswa. Teknik pengumpul data menggunakan lembar validasi buku penuntun praktikum, lembar validasi kit praktikum, angket lembar observasi keterlaksanaan praktikum. Penilaian dosen ahli dan guru kimia terhadap buku penuntun praktikum kimia inovatif sesuai kurikulum 2013 berbasis PBL diperoleh rata-rata 3,81 dan penilaian ahli dosen dan guru kimia terhadap kit praktikum diperoleh rata-ratasebesar 3,72 artinya valid dan tidak perlu revisi sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran kimia. Sikap pada siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 83,23%. Respon siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 86,60% yaitu dalam kategori sangat baik. Terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan buku penuntun dan kit praktikum inovatif terintegrasi PBL


Keywords


Buku penuntun praktikum, Kit praktikum, ,Problem Based Learning, Kurikulum 2013, ADDIE.

Full Text:

PDF

References


Alkan, F and Kocak, K., (2015).Chemistry laboratory applications supported with simulation.Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176: 970 – 976.

Anggraini, F., (2016).Pengembangan Penuntun Praktikum SMA yang Inovatif Dan Interaktif Terintegrasi Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) Pada Materi Kimia Unsur. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Negeri.

Anza, M., Bibiso, M., Mohammad, A., Kuma, B., (2016).Assessment of Factors Influencing Practical Work in Chemistry: A Case of Secondary Schools in Wolaita Zone, Ethiopia.I.J. Education and Management Engineering, 6: 53-63.

Can, Sendil., (2013). Pre-service science teachers’ concerns about chemistry laboratory (case of mugla University-Turkey).Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106: 2102-2111.

Christianto, Heru., (2016). Analisis dan pengembangan Penuntun Praktikum Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Materi Kimia SMA. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Copriady, J., (2015). Practical Implementation of Practical Among Secondary School Teachers, Asian Journal of Scientific Research,8(1): 22-40.

Cossa, E.F.R and Uamusse, A.A., (2015).Effects of an In-service Program on Biology and Chemistry Teachers’ Perception of the Role of Laboratory Work.Procedia - Social and Behavioral Sciences, 167: 152 – 160.

Hidayat, Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Okam, C.C and Zakari, I.I., (2017).Impact of Laboratory-Based Teaching Strategy on Students’ Attitudes and Mastery of Chemistry in Katsina Metropolis”, Katsina State, Nigeria.International Journal Of Innovative Research & Development, 6(1):112-121.

Mukhtar, Z., Emiliya, R., Silaban, R., (2015).Pengembangan Penuntun Praktikum Model Discovery Dan Project Based Learning Pada Pembelajaran Asam Dan Basa Di Sma Kelas Xi. Jurnal Tabularasa, 12(3).

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students' Achievement.Educational Technology & Society, 16(1): 159–170.

Uchegbu, R.I., Oguoma, C.C., Elenwoke, U.E., Ogbuagu, O.E., (2016).Perception of Difficult Topics in Chemistry Curriculum by Senior Secondary School (II) Students in Imo State.AASCIT Journal of Education, 2(3): 18-23.

Wulandari, L., (2017).Analisis dan Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Kelas XI SMA/MA Semester 1 Sesuai Kurikulum 2013, Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Xu, H. & Talanguer, V. (2013). Effect of The Level of Inquiry of Lab Experiments on General Chemistry Students Written Reflections. Journal of Chemical Education,90: 21-28.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Febri Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License