OPTIMASI TEMPERATUR DAN KONSENTRASI NaOH PADA PEMBUATAN KARBOL DARI MINYAK JELANTAH

Pratiwi Putri Lestari, Sukmawati Sukmawati

Abstract


Karbol adalah  cairan  pembersih  non-detergenik (tidak mengandung deterjen) dan desinfektan yang memiliki wangi tertentu. Pada proses pembuatan karbol dari minyak jelantah, digunakan metode pemanasan untuk pembuatannya. Adapun tahapan penelitian ini dimulai dari preparasi bahan pembuatan, penjernihan awal bahan pembuatan, analisa warna, analisa koefisien fenol, analisa pH, dan analisa stabilitas pada air sadah. Berdasarkan hasil analisa yang paling optimum didapat pada karbol minyak jelantah dengan pemasakan di temperatur 90 °C. Pada konsentrasi NaOH 10 % nilai yang didapat pH = 7, koefisien fenol = 2,22, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 20 % nilai yang didapat pH = 9, koefisien fenol = 2,22, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 30 % nilai yang didapat pH = 10, koefisien fenol = 2,77, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Pada konsentrasi NaOH 40 % nilai yang didapat pH = 11, koefisien fenol = 2,77, warna = coklat, stabilitas emulsi pada air sadah = stabil. Hasil yang diperoleh sesuai dengan BSN (SNI-06-1842-1995).


Keywords


Carbol; Minyak jelantah; Desinfektan

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (1996). Pedoman Teknis Pengolahan Limbah Klinis Dan Desinfeksi & Sterilisasi Di Rumah Sakit. Ditjen PPM dan PPL. Jakarta.

Ketaren S, (2005). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Universitas Indonesia, Jakarta.

Latiful Qolby. Achmad. Meliana Ningrum. Mirna Tiarani Putri. Muhammad Didik Setyawan. Nusaibah Askariyah. (2017). Pemanfaatan Minyak Jelantah Untuk Pembuatan Karbol. Jurnal Program Studi Kimia Fakultas Sains dan teknologi Universitas Hidayatullah. Jakarta.

Tamrin. (2013). Gasifikasi Minyak Jelantah Pada Kompor Bertekanan. Jurnal Teknik Pertanian Lampung. Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pratiwi Putri Lestari, Sukmawati Sukmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License