SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyara, N., Haryani, S., & Prihandono, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar (KPSD) Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Model PjBL Berbantuan LKPD. Chemistry in Education, 9(2), 55–62.
Hasanah, K. N., & Agustini, R. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Ikuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. UNESA Journal of Chemical Education, 12(3), 170–178. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n3.p170-178
Lisa, F. Y. (2019). Analisis Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mtaeri Laju Reaksi Melalui Model Inquiry Labolatory. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 226–236. doi: http://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669
Minasari, M., Hadisaputra, S., & Setiadi, D. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 234–239. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1888
Okmarisa, H., Ningsi, R. O., & Yuhelman, N. (2021). Entalpi Pendidikan Kimia Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model dan Hasil Kelarutan Lesson. Entalpi Pendidikan Kimia, 100–110.
Purtira, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Alat Peraga pada Materi Laju Reaksi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa MAS Proyek Univa Medan. CHEDS: Journal of Chemistry, 3(1), 1–9.
Rushiana, R. A., Sumarna, O., & Anwar, S. (2023). Efforts to Develop Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1425–1435. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2632
Sari, S. N., Supriyanti, F. M. T., & Dwiyanti, G. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 77. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4055
Suardana, I. N., Redhana, I. W., & Selamet, K. (2024). Systematic Literature Review of Chemistry Learning to Improve Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 124–129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5228
Suherni, S., Maulina, J., & Harahap, D. N. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Redoks di SMA Bukit Batu Riau. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2598
Wahyudi, D., & Lazulva. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry, 3(2), 49–57.
Wahyuni Salosso, S., Nurlaili, & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.280
Widyaningrum, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 6 Madiun. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 1. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23032
Yenti, E., & Susi. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry, 2(2), 48–56.
Yunita, D., Nurhadi, M., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learning) pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i2.290
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Miterianifa Miterianifa, Dian Rifa Audina, Ismayana Ismayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

5.png)

.png)

