SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SMA

Dian Rifa Audina, Miterianifa Miterianifa, Ismayana Ismayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana berbagai model pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA dalam pendidikan kimia. Metodologi yang digunakan adalah tinjauan pustaka sistematis (SRL) yang mematuhi pedoman PRISMA untuk mengidentifikasi dan mensintesis artikel penelitian yang relevan. Proses pengumpulan artikel melibatkan tahapan identifikasi, penyaringan, penilaian kelayakan, dan pemenuhan persyaratan, dengan pencarian dilakukan menggunakan Google Scholar untuk publikasi dari tahun 2018 hingga 2024. Temuan menunjukkan model pembelajaran seperti pembelajaran berbasis masalah (PBL), Siklus Pembelajaran 5E, Pembelajaran berbasis proyek (PjBL), Inquiry Terbimbing, Pembelajaran Penemuan, Pemecahan Masalah Kreatif (CPS) dan Laboratorium Inquiry Terikat dengan larutan elektrolit dan nonelektrolit, Kimia Asam-Basa, reaksi redoks, laju reaksi, dan asam, basa dan garam, serta kelarutan dan produk larutan. Dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan proses sains siswa seperti observasi. Pendekatan inovatif terhadap pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa, menyoroti pentingnya pengalaman langsung dalam pendidikan sains bagi pengembangan keterampilan kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa.

Keywords


Keterampilan proses sains; tinjauan literatur sistematis; pembelajaran kimia

Full Text:

PDF

References


Aisyara, N., Haryani, S., & Prihandono, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dasar (KPSD) Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Model PjBL Berbantuan LKPD. Chemistry in Education, 9(2), 55–62.

Hasanah, K. N., & Agustini, R. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Ikuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. UNESA Journal of Chemical Education, 12(3), 170–178. https://doi.org/10.26740/ujced.v12n3.p170-178

Lisa, F. Y. (2019). Analisis Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mtaeri Laju Reaksi Melalui Model Inquiry Labolatory. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 226–236. doi: http://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Minasari, M., Hadisaputra, S., & Setiadi, D. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui model pembelajaran penemuan berorientasi sains teknologi masyarakat. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 234–239. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1888

Okmarisa, H., Ningsi, R. O., & Yuhelman, N. (2021). Entalpi Pendidikan Kimia Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model dan Hasil Kelarutan Lesson. Entalpi Pendidikan Kimia, 100–110.

Purtira, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Alat Peraga pada Materi Laju Reaksi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa MAS Proyek Univa Medan. CHEDS: Journal of Chemistry, 3(1), 1–9.

Rushiana, R. A., Sumarna, O., & Anwar, S. (2023). Efforts to Develop Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning: Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1425–1435. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2632

Sari, S. N., Supriyanti, F. M. T., & Dwiyanti, G. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 4(1), 77. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4055

Suardana, I. N., Redhana, I. W., & Selamet, K. (2024). Systematic Literature Review of Chemistry Learning to Improve Students’ Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 124–129. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5228

Suherni, S., Maulina, J., & Harahap, D. N. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Redoks di SMA Bukit Batu Riau. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2598

Wahyudi, D., & Lazulva. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry, 3(2), 49–57.

Wahyuni Salosso, S., Nurlaili, & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan asam dan basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.280

Widyaningrum, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 6 Madiun. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 1. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23032

Yenti, E., & Susi. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JEDCHEM (Journal Education and Chemistry, 2(2), 48–56.

Yunita, D., Nurhadi, M., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran PBL (problem based learning) pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i2.290




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.10432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Miterianifa Miterianifa, Dian Rifa Audina, Ismayana Ismayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License