PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Endang Ristauli Br Simbolon, Marini Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan pendekatan kecerdasan majemuk terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan asam basa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak satu kelas siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar observasi kecerdasan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan pendekatan kecerdasan majemuk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan tersebut menunjukkan bahwa perpaduan pendekatan tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep asam basa. Oleh karena itu, model pembelajaran ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran kimia guna meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


Inquiri terbimbing; kecerdasan berganda; capaian pembelajaran; asam basa

Full Text:

PDF

References


Aristiani, Sadiah, & Solihat. (2008). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional

Terhadap Hasil Belajar dari Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008, 3(2), 79–92.

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Dewi, A. R., & Suryani, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan

berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa pada materi kimia. Jurnal Pendidikan Kimia (JPKim),

(1), 45–53.

Cooper, M. M., & Stowe, R. L. (2018). Chemistry Education Research - From Personal Empiricism to Evidence, Theory, and Informed Practice. Chemical Reviews, 118(12), 6053–6087. https://doi.org/10.1021/acs.chemrev.8b00020.

Departemen Pendidikan Nasional (2009). Pembelajaran Yang Mengembangkan Critical Thinking. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Dewantoro, D., & Andriani, D. E. (2023). Permasalahan-permasalahan Pendidikan yang Dihadapi Sekolah di Tahun Pertama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 97–113. https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.59890

Gardner, H., (1999). Intelligence Reframed. New York: Basic Books.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. Https://Doi.Org/10.18592/Tarbiyah.V7i1.2103

Handriani, Lia S., Et Al. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa." Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Vol. 1, No. 3: 210-220, Doi:10.29303/Jpft.V1i3.261.

Isnaini R., Lawung, Y. D., & Boelan, E. G. (2023). Pengembangan LKPD dengan memanfaatkan indikator alami berbasis inkuiri terbimbing pada materi titrasi asam basa. Educativo: jurnal pendidikan, 1(2), 374-380.

Jasmine, J., (2022). Metode Mengajar MI. Bandung: Nuansa Cendekia

Juwita, R. (2017). Kimia Dasar Teori & Latihan. Jakarta: Erlangga. 1–174.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K. & Caspari, A. K., (2006). Guided Inquiry Learning in The 21st Century. 2nd ed. United States of America: Acid- Free Paper.

Kwartolo, J., (2022). MI dan Implementasinya dalam Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Penabur, XVIII(11), pp. 66 - 67.

Nurhayati, N., Widyawati, D., & Nuswowati, M. (2020). The Effect Of Inquiry-Based Structured Learning Model On Students’ Learning Achievement In Reaction Rate. Journal Of Physics: Conference Series, 1521(4), 042051.

Nurrita, Teni. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa."Misykat, 3(1). Doi:10.33511/Misykat.V3i1.52.

Nurmala Ayu Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. Https://Doi.Org/10.36456/Buana_Matematika.8.2:.1732.81-88

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Jumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramadan, Y., Nisa, K. R., & Sunarwin, S. (2020). Analysis of Students Misconception Using Certain of Response Index (CRI) in the Periodic System of Elements Concept. EduChemia




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Endang Ristauli Br Simbolon, Marini Damanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License