PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING; TAHAP DEVELOPMENT MODEL ADDIE

Ekin Dwi Arif Kurniawan, Alfira Julian Pratiwi, Dimas Ridho, Mutia Ardila, Rafidah Almira Samosir

Abstract


Kurangnya fasilitas laboratorium yang memadai dan panduan praktikum berkualitas rendah di banyak sekolah menengah atas menghambat pembelajaran praktikum kimia yang efektif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengembangkan dan mengevaluasi panduan praktikum kimia berbasis penyelidikan terbimbing yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip kimia hijau, menggunakan model ADDIE (berfokus pada tahap pengembangan). Validasi dilakukan oleh enam guru kimia dan dua dosen, menilai aspek-aspek seperti konten, bahasa, penyajian, dan desain. Metode kuantitatif deskriptif dalam kerangka R&D digunakan untuk analisis. Panduan tersebut menerima skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,78 dari 5, yang menunjukkan bahwa panduan tersebut "sangat layak." Secara khusus, skor untuk konten, bahasa, penyajian, dan desain masing-masing adalah 4,78, 4,82, 4,78, dan 4,75. Hasil-hasil ini menunjukkan bahwa panduan tersebut sesuai untuk meningkatkan pembelajaran kimia praktis dan menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui kimia hijau di sekolah menengah atas.

Keywords


Panduan praktis; penyelidikan terbimbing; kimia hijau; ADDIE; validasi ahli

Full Text:

PDF

References


Afsas, S. K., Sutikno, & Fianti. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. 06(01), 8913–8926.

Ahdila, A. I., Masykuri, M., & Hastuti, D. B. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Negei 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 205–210. https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.63552

Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 122–129. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1017

Fuentes-García, R., Peña-Cruz, L., Nieto-Castañeda, G., Aldana-Gutiérrez, G., & Ponce de León-Hill, C. A. (2023). Use of Home-Laboratory Chemistry Sets during the COVID Pandemic to Impart Learning in a Public University: Comparison of Two Cohorts. Journal of Chemical Education, 100(6), 2150–2158. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.2c00567

Kurniawan, E. D. A., Silaban, R., & Nurfajriani. (2019). Development of Guided Inquiry Green Chemistry Practicum Guides. Proceedings of The 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), 103–106.

Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Fisika yang Bersifat Abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 48–53. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.116

Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian (Research Methodology). In Bogor: Ghalia Indonesia.

O’Neil, N. J., Scott, S., Relph, R., & Ponnusamy, E. (2021). Approaches to Incorporating Green Chemistry and Safety into Laboratory Culture. Journal of Chemical Education, 98(1), 84–91. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c00134

Pane, E. P., & Manurung, H. M. (2021). Analisis Penuntun Praktikum Kimia Sma Kelas Xi Berbasis Proyek Dan Inquiry Pada Materi Hidrokarbon Analysis of Chemical Practicum Guide At Class Xi Sma Based on Project and Inquiry on Hydrocarbon Materials. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(1), 22–31.

Pratiwi, A. J., Dwi, E., Kurniawan, A., & Ridho, D. (2024). Analysis of Students ’ Initial Ability in Biopolymer Material. Holistic Science, 4(3), 402–406.

Pratiwi, A. J., Hernani, H., & Anwar, B. (2023). Education for sustainable development oriented didactic design in a bioplastic context in overcoming barriers to learning and developing attitude and environmental awareness. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 7(1), 40–55.

Redhana, I. W., & Suardana, I. N. (2021). Green Chemistry Practicums at Chemical Equilibrium Shift to Enhance Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(1), 691–708.

Salim, I., Rusmanta, Y. B. J., Andini, A., & Tridadika, N. (2024). PENATAAN LABORATORIUM KIMIA DI SMA YPPK TERUNA BAKTI KOTA JAYAPURA. 2(1), 13–18. https://doi.org/10.31957/ejpipt.v2i1.172

Saputri, R. D., Willian, N., & Umara, Y. (2024). Pengembangan Panduan Praktikum Elektronik Berbasis Green Chemistry Dengan Model Problem Based Learning Materi Ikatan Kimia. Journal on Education, 07(01), 169–174.

Silaban, R., & Nurfajriani. (2020). Development of Green Chemistry Practicum Guidelines Based on Discovery Learning. The 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020), 147–150.

Syah, A. F., Widya, A., Maheswari, I., Khulwani, A. D., Maul, M., Mayda, S. N., Intan, R., Azmi, U., & Nur, K. K. (2025). Evaluasi Kondisi Sarana Laboratorium Kimia dan Fisika di Program Studi IPA. 4(1), 61–72.

Yudha, S., & Nurfajriani, N. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk Mencapai Keamanan di Dalam Laboratorium. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 2(1), 33–39.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ekin Dwi Arif Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License