PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES TERINTEGRASI AI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Habiba Habiba

Abstract


Media interaktif merupakan alat penghubung berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara peserta didik dengan materi atau guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terintegrasi kecerdasan buatan pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan model Lee & Owens yang mengadopsi kerangka pengembangan ADDIE melalui lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Google Sites terintegrasi kecerdasan buatan layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan hasil validasi ahli materi (88,50%) dan ahli media (89,30%), dinilai oleh guru (90,6%), dan diujicobakan secara individu (88,66%) serta kelompok kecil dengan respon peserta didik (89,3%) yang semuanya menunjukkan hasil sangat baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif telah memenuhi semua tahap pengembangan sampai dengan uji coba kelompok kecil dengan hasil sangat baik.

Keywords


Pengembangan; Media Interaktif; Google Site; Artuficial Intelligence; Hidrolisis Garam

Full Text:

PDF

References


Amatullah, D. C., Sutrisno, J., Pgri, S., & Lampung, B. (2022). Joko Sutrisno AB Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang… Lentera. In Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 15, Issue 1).

Cahya, U. D., Simarmata, J., Iwan, Nisa, N. S. K., Nasbey, H., Karwanto, L. T. M., Putri, M. D., Pagiling, D. C. S. L., & Rahmadani, E. (2023). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21. Yayasan Kita Menulis.

Diantama, S. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) DALAM DUNIA PENDIDIKAN. DEWANTECH : Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14.

Habiddin, H., Indasari, K. D. F., Kurnia, E., Akmal, B. U. T., & Yahmin, Y. (2023). Profil Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam: Studi Pada Siswa SMA di Jawa Timur. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 83–89. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.19305

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design 2nd Edition. Pfeiffer.

Mahesa, F. (2023). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan Pemanfaatannya untuk Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Munawarah, Z., Fara Dwirani Sofia, B., & Hakim, A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XI MIPA SMAN 1 UTAN. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.294

Nurlatifah, & Suprihatiningrum, J. (2023). Pengembangan Google Sites Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa sebagai Media Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI . Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 67–83.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.37905/jjec.v6i1.23644

Rahayu, R., Aliyatul Fikroh, R., Ratna Sari, D., & Ridzaniyanto, P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI GUGUS FUNGSI SENYAWA KARBON. In Lantanida Journal (Vol. 10, Issue 2).

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Stolpe, K., & Hallström, J. (2024). Artificial intelligence literacy for technology education. Computers and Education Open, 6, 100159. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2024.100159

Supit, J. S., & Ridwan. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN GOOGLE SITES BERBANTUAN QUIZSTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA ERA COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155–163.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Habiba .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License