PENGARUH METODE READING TO LEARN (R2L) DAN PEMBUATAN RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Putri Febriani Nababan, Marini Damanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Reading to Learn dan summary terhadap hasil belajar dan keterampilan literasi kimia siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, dengan sampel kelas XI Matlangraf sebanyak 35 siswa, dipilih dengan teknik probability sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen berupa soal pilihan ganda untuk hasil belajar dan soal uraian untuk literasi kimia yang tervalidasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Reading to Learn berpengaruh terhadap literasi kimia (signifikansi 0,008; koefisien korelasi 0,441). Summary tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (signifikansi 0,142; koefisien korelasi 0,253). Secara simultan, Reading to Learn dan summary berpengaruh terhadap literasi kimia (Sig. F Change 0,026), tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar (Sig. F Change 0,336).

Keywords


R2L; ringkasan; hasil belajar siswa; literasi kimia; asam basa

Full Text:

PDF

References


Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653

Anggraeni, A. Y., Sri, W., & Nurul, H. A. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523.

Arif, K., Rusma, O. R., Putri, A. M., & Azzahra, F. (2023). Effectiveness of the Reading to Learn (R2L) Model on Scientific Literacy Skills on Static Electricity Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6425–6431. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3140

Azizah, S. I., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quzziz Untuk Mengukur Hots Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 121–132. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Azwar, K., & Jahro, I. S. (2023). Pengaruh Metode Reading To Learn Dan Rangkuman Terhadap Hots-Literacy Sains Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 296–305.

Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 5(1), 49–57.

Daniarti, Y., Taufiq, R., & Sunaryo, B. (2020). The Implementation of Teaching Reading Through Genre Based Approach for University Students. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042064

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal JRPP (Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 336–342.

Handayani, R., Sain, U., & Nurhadi, M. (2021). Pengaruh Media Google Form Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.6227

Hikam, M. I. U., Sholah, A., & Mindarta, E. K. (2021). Pengaruh Pemberian Tugas Rangkuman Pra Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Memahami Klasifikasi Engine Di Smk Negeri Rowokangkung. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(2), 41–48. https://doi.org/10.17977/um074v5i22021p41-48

Ihsan, M. S., & Jannah, S. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 197–206. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2934

Imansari, M., Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2202–2211.

Lanen, S., & Atmazaki, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Reading To Learn terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.24

Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022). Pre-service Teachers’ Belief to Achieve Scientific Literacy. AIP Conference Proceedings, 2468(January 2023). https://doi.org/10.1063/5.0102446

Millin, T., & Millin, M. (2014). Scaffolding Academic Literacy Using The Reading To Learn Intervention: An Evaluative Study Of A Tertiary Education Context In South Africa. Per Linguam, 30(3), 26–38.

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Model Inquiri terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 4 Sangsit. Jurnal Lampuhyang, 13(2), 125–143.

OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.

OECD Publishing, 84–85. https://doi.org/10.1787/eag_highlights-2011-35-en

Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23422

Whittaker, R., & Acevedo, C. (2016). Working on Literacy in CLIL/Bilingual Contexts:Reading to Learn and Teacher Development. Estudios Sobre Educación, 31, 37–56. https://doi.org/10.15581/004.31.37-55

Wildsmith-Cromarty, R., & Steinke, K. (2014). The write approach: Can R2L help at tertiary level? Per Linguam, 30(1), 38–54. https://doi.org/10.5785/30-1-570

Yulianeta, Isfaizal, M. D., & Lugijana, K. A. A. (2022). Implementing Reading to Learn (R2L) Pedagogy to Help Indonesian Junior High School Students Generate News Report Text. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 12(1), 130–137. https://doi.org/10.14710/parole.v12i1.130-137




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Febriani Nababan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License