PENGARUH METODE READING TO LEARN (R2L) DAN PEMBUATAN RANGKUMAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADA MATERI ASAM BASA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653
Anggraeni, A. Y., Sri, W., & Nurul, H. A. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523.
Arif, K., Rusma, O. R., Putri, A. M., & Azzahra, F. (2023). Effectiveness of the Reading to Learn (R2L) Model on Scientific Literacy Skills on Static Electricity Topic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6425–6431. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3140
Azizah, S. I., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quzziz Untuk Mengukur Hots Pada Pembelajaran Ipa Siswa SMP. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 121–132. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Azwar, K., & Jahro, I. S. (2023). Pengaruh Metode Reading To Learn Dan Rangkuman Terhadap Hots-Literacy Sains Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 296–305.
Dafit, F. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa SD Dengan Model Pembelajaran Multiliterasi. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 5(1), 49–57.
Daniarti, Y., Taufiq, R., & Sunaryo, B. (2020). The Implementation of Teaching Reading Through Genre Based Approach for University Students. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042064
Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal JRPP (Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 336–342.
Handayani, R., Sain, U., & Nurhadi, M. (2021). Pengaruh Media Google Form Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.6227
Hikam, M. I. U., Sholah, A., & Mindarta, E. K. (2021). Pengaruh Pemberian Tugas Rangkuman Pra Pembelajaran Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Memahami Klasifikasi Engine Di Smk Negeri Rowokangkung. Jurnal Teknik Otomotif : Kajian Keilmuan Dan Pengajaran, 5(2), 41–48. https://doi.org/10.17977/um074v5i22021p41-48
Ihsan, M. S., & Jannah, S. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 197–206. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2934
Imansari, M., Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2202–2211.
Lanen, S., & Atmazaki, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Reading To Learn terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.24
Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022). Pre-service Teachers’ Belief to Achieve Scientific Literacy. AIP Conference Proceedings, 2468(January 2023). https://doi.org/10.1063/5.0102446
Millin, T., & Millin, M. (2014). Scaffolding Academic Literacy Using The Reading To Learn Intervention: An Evaluative Study Of A Tertiary Education Context In South Africa. Per Linguam, 30(3), 26–38.
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2022). Pengaruh Model Inquiri terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 4 Sangsit. Jurnal Lampuhyang, 13(2), 125–143.
OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
OECD Publishing, 84–85. https://doi.org/10.1787/eag_highlights-2011-35-en
Septiyani, S., Sartika, R. P., & Hadi, L. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI MIPA 1 MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23422
Whittaker, R., & Acevedo, C. (2016). Working on Literacy in CLIL/Bilingual Contexts:Reading to Learn and Teacher Development. Estudios Sobre Educación, 31, 37–56. https://doi.org/10.15581/004.31.37-55
Wildsmith-Cromarty, R., & Steinke, K. (2014). The write approach: Can R2L help at tertiary level? Per Linguam, 30(1), 38–54. https://doi.org/10.5785/30-1-570
Yulianeta, Isfaizal, M. D., & Lugijana, K. A. A. (2022). Implementing Reading to Learn (R2L) Pedagogy to Help Indonesian Junior High School Students Generate News Report Text. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 12(1), 130–137. https://doi.org/10.14710/parole.v12i1.130-137
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v9i1.11245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Febriani Nababan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

5.png)

.png)

