PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MACROMEDIA FLASH

Ahmad Syawaluddin, Julia Maulina, Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dan macromedia flash pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; dan untuk memperoleh perbandingan hasil belajar siswa materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan macromedia flash. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire meningkat dengan nilai rata-rata pre test 50,1 dan nilai rata-rata post test 86,4; 2) Hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash meningkat dengan nilai rata-rata pre test 50,6 dan nilai rata-rata post test 73,8; dan 3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire dengan macromedia flash.


Full Text:

PDF

References


Handayani, Nia dkk. (2013). “Peningkatan Keterampilan Memprediksi Dan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict-Observe-Explan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 2(2): 3.

Hermawan, Paris Sutarjawinita dan Heru Pratomo Al. (2009). Kimia SMA/MA kelas X.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Jayadi, Yenny Anjar. (2008). Penggunaan Jurnal Belajar dengan Macromedia flash dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Kumbini, Harini Listia. (2017). Pengaruh penggunaan media flash berbasis simbolik dan mikroskopik terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di kelas X IPA SMA Negeri 6 Pontianak. Skripsi, Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mas’ud Muhammad. (2014). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Paralita, Fenti, dkk. (2015). Pengaruh Model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 37(1): 1-10.

Situmorang, L, Rejeki. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit menggunakan camtasia studio 8 untuk siswa kelas X IPA SMA negeri 11 kota Jambi. Artikel Ilmiah., Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i2.2854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Syawaluddin, Julia Maulina, Adilah Wirdhani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License