PENGARUH PENGUNAAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Eva Pratiwi Pane

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia terhadap hasil belajar kimia mahasiswa pada materi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika se-Sumatera Utara. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pengajaran menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia pada materi laju reaksi, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran menggunakan bahan ajar kimia pegangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia pada materi laju reaksi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan buku ajar pegangan mahasiswa pada materi laju reaksi. Implementasi bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia pada materi laju reaksi menunjukkan peningkatan hasil belajar kimia mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu thitung > ttabel (11,881 > 1,97338). Efektivitas penggunaan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia pada materi laju reaksi yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar kimia mahasiswa, yang ditunjukkan dengan persen peningkatan hasil belajar yang menggunakan bahan ajar inovatif berbasis multimedia sebesar 69% (kategori sedang), sedangkan yang menggunakan buku ajar pegangan siswa sebesar 52% (kategori sedang).


Full Text:

PDF

References


Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. In J.V.Akker, R.M Branch,K. Gustafson,N.Nieveen,& T.Plomp, Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

Badge, J.L., Dawson, E., Cann, A.J., dan Scott, J., (2008), Assessing the accessibility of online learning,Innovations in Education and Teaching International 45(2):103–113.

Budi, S. (2002). E-education. Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Cheang, K.I., (2009), Effect of Learner-Centered Teaching on Motivation and Learning Strategies in a Third-Year Pharmacotherapy Course, American Journal of Pharmaceutical Education73(3):1-8.

Hake,R.,(1998),AnalyzingChage/GainScores:http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf akses Nopember 2015)

Hasrul. (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Jurnal MEDTEK, 3 (2).

Herawati, E.P. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif untuk Pembelajaran Konsep Mol di Kelas X SMA. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Herawati, R.F. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2) : 38-43.

Indah Dwi Astuti danMulyatun. (2019). Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Multi Level Representasi (MLR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MAN Kendal. Journal of Educational Chemistry 1 (2), 82-91.

Mahdjoubi, L., dan Rahman, M.A.A., (2012), Effects Of Multimedia Characteristics On Novice CAD Learners’ Practice Performance, Architectural Engineering And Design Management 8:214–225.

Mohammad Arfi Setiawan, I Wayan Dasna, dan Siti Marfu’ah. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Terhadap Hasil Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 4 Halaman: 746-751.

Montelongo, J.A., dan Herter, R.J., (2010), Using Technology to Support Expository Reading and Writing in Science Classes, Science Activities, 47:89–102.

Pane, Eva Pratiwi. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Kimia Inovatif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pengajaran Laju Reaksi. Masters thesis, UNIMED.

Situmorang, Manihar dan Andry Agusto Situmorang. (2014), Efektivitas Modul Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pengajaran Laju Reaksi, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 20(2): 139-147.

Sunyono. (2012). Kajian Teoritik Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi (Simayang) Dalam Membangun Model Mental. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Universitas Negeri Surabaya.

Utomo, T.S., (2010), Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Make A Match Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wuryantoro T.A. 2009/2010, Skripsi, FMIPA, UMS, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i2.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eva Pratiwi Pane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License