PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU EKSPERIMEN PADA MATERI REDOKS DI SMA SWASTA ADVENT MEDAN

Mei Retta Br. Purba, Wilda Wani Siregar, Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu ekxperiment dan model pembelajaran Discovery Learning juga berbantu eksperiment pada materi redoks di SMA Swasta Advent Medan. Sampel Penelitian ini adalah kelas X SMA kelas X-1 (eksperiment-1) menggunakan model Discovery Learning  dan kelas X-2 (Eksperiment-2) menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan model discovery learning berbantu eksperiment memiliki nilai 81,08 % lebih besar dari hasil belajar kimia siswa yang mengunakan model problem based learning berbantu eksperiment sebesar 70,25%. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji-t dengan taraf  = 0,05 diperoleh thitung = 6,29 > t tabel = 1,67, menunjukkan bahwa thitung berada di luar daerahpenerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, adanya perbandingan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas ekxperimen-1 dan kelas eksperimnt-2.

Kata Kunci  : Problem Based Learning; Discovery Learning; Hasil Belajar; Redoks; Eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Bunga Amelia, dkk. 2015. Pemanfaatan Model Pltl Berbantuan Lks Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kompetensi Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Semarang. (Volume 9, Nomor 1) hlm 1496 -1505

E. Goldberg, David.2008. Kimia untuk Pemula. Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga

Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep StrategiPembelajaran. Bandung: PT RefikaAditama.

Nana Sudjana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Risky Resa, dkk. 2017. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Redoks. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. (Volume 8, Nomor 1): 43-51

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Seftin, Dwi.2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Pembelajaran Ular Tangga Redoks Di Kelas X 2 Sma Negeri 1 Tanjung. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, (Vol.3, No.2) Ouantum.

Sri Anitah, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka

Sri Wardani, dkk.2016,Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Oral Activities Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, (Volume 10, Nomor 2) halaman 1743 – 1750

Sudijono,Anas.2011. Pengantar evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Sudjana. 2002. Metode Statistika.Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i2.3356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mei Retta Br. Purba, Wilda Wani Siregar, Adilah Wirdhani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License