IMPLEMENTASI STAD MENGGUNAKAN MODUL DAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Abstract
Model kooperatif STAD merupakan pembelajaran berkelompok dan memberikan kesempatan siswa berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif STAD dengan Modul dan Handout. Populasi berjumlah 50 siswa. Kelas XI IPA1menjadi kelas eksperimen I dan kelas XI IPA2 kelas eksperimen II. Data berdistribusi normal yaitu Lhitung ˂ Ltabel (0,1745˂0,175) untuk post-test kelas eksperimen I dan Lhitung ˂ Ltabel (0,1261˂0,175) untuk post-test kelas eksperimen II. Uji Homogenitas diperoleh Fhitung ˂ Ftabel (1,24˂2,04 pada hasil post-test menyatakan kemampuan populasi homogen.Nilai rata-rata postest kelas eksperimen I, x = 80 dengan standar deviasi (S)= 5,761. Nilai rata-rata post-test eksperimen II, x = 80dengan (S) = 5,161. Uji hipotesis pre-test thitung< ttabel yaitu 1,45<2,007 maka H0 diterima, nilai postes thitung > ttabel yaitu 2,63>2,007 maka H0 diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2002). Manajemen Penelitian. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Dalimunthe, M.B.(2009). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Kimia. Medan : Jurnal Pustaka MIPA UNIMED.
Dimyati, dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Kurniasih, I. (2015). Model – Model Pembelajaran. Jakarta : Seribu Pena.
Sabri, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta : PT Ciputat press.
Tiastara, W. (2010). Implementasi Metode Latihan Berjenjang Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal – soal Hitungan Pada Materi Struktur Atom di SMA .Surabaya : E. jurnal pendidikan.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i1.3890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Warsih Warsih, Lisa Ariyanti Pohan, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id