PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAS PROYEK UNIVA MEDAN

Agnes Purtira

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di MAS Proyek UNIVA Medan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan alat peraga pada materi laju reaksi terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAS Proyek UNIVA Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA-1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan proses sains dan lembar observasi. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas dengan nilai LHitung = 0.159 data pre-test dan LHitung = 0.143 data post-test yang berarti data berdistribusi normal. Pada uji homogenitas FHitung = 1.63 data pre-test dan FHitung = 1.89 data post-test dengan hasil homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan uji hipotesis t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model Poblem Based Leaning menggunakan alat peraga dilakukan di kelas berdasakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah disesuaikan dengan indikator-indikator keterampilan proses sains yang diamati, adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning yaitu N-gain sebesar 0.25 data kelas kontrol dan N-gain 0.55 data kelas eksperime dan dari uji hipotesis t didapat THitung > TTabel yaitu THitung 5.0638 dan TTabel pada taraf 0.05 sebesar 2.0017 sehingga Ha diterima, artinya adanya pengaruh model Problem Based Learning menggunakan alat peraga pada materi laju reaksi terhadap keterampilan proses sains siswa.


Keywords


Problem Based Learning, Alat Peraga, Laju Reaksi, Keterampilan Proses Sains.

Full Text:

PDF

References


Hasanah & Utami. (2017). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap keterampilan proses siswa. Jurnal Pendidikan Sains (Volume 5 Nomor 2).

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sudoarjo: Nizamia Learning Center.

Ozgenel, S. (2012). Student’ science process skills within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(4), 283-292.

Purba, F. J. (2015). Pengaruh model problem based learning (PBL) dengan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika (Volume 4 Nomor 2).

Tawil, Muh. & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Victoria, P. (2016). Peran Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i1.3891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agnes Purtira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License