PEMANFAATAN MINYAK JARAK SEBAGAI BASE OIL DALAM PEMBUATAN PELUMAS PADAT (GREASE) UNTUK INDUSTRI OTOMOTIF

Sukmawati Sukmawati, Pratiwi Putri Lestari, Erni Yusnita

Abstract


Produk minyak jarak merupakan produk utama dari pengolahan ekstrak biji jarak, dimana pemanfaatannya sudah sangat luas. Pemanfaatan produk minyak jarak ini dalam pembuatan pelumas padat dilakukan dengan teknik perlakuan yaitu pencampuran antara Natrium dengan  minyak jarak.. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah minyak jarak, NaOH, gliserol, fenol, stearat, dan pelumas padat komersial sebagai pembanding. Alat yang digunakan adalah hot plate, beaker glass, buret, erlenmeyer, neraca analitik, gelas ukur, dan stirer. Cara kerja penelitian yaitu membuat sabun logam dengan mencampurkan minyak jarak dan NaOH, kemudian membuat pelumas padat dengan mencampurkan sabun logam dengan minyak jarak dengan perbandingan komposisi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pelumas padat yang mempunyai spesifikasi karakteristik dan parameter untuk kerja pelumas padat untuk tingkat mutu NLGI GA, SNI 06-7069-8-2005 yang menggunakan minyak jarak ( base oil ) pada perbandingan komposisi 95% : 5% dengan NLGI No.3.


Keywords


minyak jarak, pelumas padat (grease), petroleum base oil.

Full Text:

PDF

References


Bernandini, E, 1985, Oilseeds, Oils and Fats, Volume II Oils and Fats Processing B.E. Oil, Publishing House Via L. Lilio, 19, Roma.

Darnoko, Siahaan, D.N. Eka, Elishabeth, J, 2003, Teknologi Pengolahan Minyak Jarak, Pusat Penelitian Minyak Jarak, Bandung.

Direktorat Jendral Perkebunan, 2003, Statistik Perkebunan Indonesia, Statistical Estate Crops of Indonesia 1999-2001. Departemen Pertanian, Jakarta.

Hartono, Anton, J, 1991, Lekuk-Liuk-Liuk Pelumas, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta

Herawan, T, Yuliasari, R, G, Purboyo, Handaka, 2004, Studi Pendahuluan Pemanfaatan Asam Lemak Jarak Destilat Sebagai Bahan Baku Minyak Dasar Pelumas, Pusat Penelitian Minyak Jarak, Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i2.6097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Pratiwi Putri Lestari, Erni Yusnita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License