IDENTIFIKASI KANDUNGAN FORMALIN DAN MERKURI (Hg) PADA IKAN AIR TAWAR DI PERAIRAN DANAU TOBA

Eva Pratiwi Pane, Anita Debora Br Simangunsong

Abstract


Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang terbentuk secara Vulkano-Tektonik, terletak di pegunungan Bukit Barisan. Luas permukaan danau ± 1.100 km2 dengan total volume air ± 1. 258 km3. Perairan terdalam berkisar 499 m dan berada pada ketinggian maksimal 900 m. Dasar danau kebanyakan terdiri dari bebatuan, pasir dan pada bagian tertentu terdapat endapan lumpur. Peningkatan kadar logam berat pada air akan mengakibatkan logam berat yang semula dibutuhkan untuk berbagai proses metabolisme dapat berubah menjadi racun dan menimbulkan efek toksik pada biota. Konsumsi ikan hasil budidaya yang telah tercemar akan menyebabkan manusia terpapar logam berat. Merkuri merupakan salah satu logam berat yang paling berbahaya yang memiliki efek toksik paling berbahaya bersama dengan timbal (Pb) dan kadmium (Cd). Tujuan dari penelitian adalah mengkaji kandungan logam berat merkuri (Hg) yang terdapat pada ikan tawar di Perairan Danau Toba


Keywords


formalin; merkuri; danau; ikan; tawar

Full Text:

PDF

References


BADAN POM RI. (2009). Pengujian Logam secara AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer) Di Laboratorium Pangan Halaman 6.

Dewi, D. C. (2012). Determinasi Kadar Logam Timbal (Pb) Dalam Makanan Kaleng Menggunakan Destruksi Basah Dan Destruksi Kering. Alchemy 2(1): 12-25.

Puspitasari, Lia, dkk. (2018). Analisis Merkuri (Hg) dalam Ikan Air Tawar di Pasar Depok dengan Metode Inductively Coupled Plasma Optical Emission Spectrometry (ICP-OES). Jurnal Saintech Farma 11(2): 5-10.

Siregar, P. 2010. Penentuan Kadar Logam Fe, Zn, Cu, Pb dan N-total Didalam Sedimen Yang Terdapat di Sepanjang Pantai Pengambatan, Hutaginjang, Silima Lombu, dan Tambun Sukkean Di Danau Toba. [Tesis]. Program Pascasarjana USU.

Wulandari, E. A., dan Sukesi. (2013). Preparasi Penentuan Kadar Logam Pb, Cd, dan Cu Dalam Nugget Ayam Rumput Laut Merah (Eucheumacottonii). Jurnal Sains dan Seni Pomits 2(2): 15-17.

Yusuf, dkk. 2013. Kandungan Merkuri (Hg) Dalam Air Laut, Sedimen, Dan Jaringan Ikan Belanak (Liza Melinoptera) Di Perairan Teluk Palu. Jurnal Akad. Kim. 2(3): 140 145, August 2013 ISSN 2302-6030.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i2.6248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Pratiwi Pane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License