PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA GAYA BELAJAR SISWA

Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah, Ika Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD pada gaya belajar siswa, pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan yang berjumlah 4 kelas. Sampel diambil secara purposif sebanyak 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas yang hampir sama yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 44 siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif Tipe STAD Dan Kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 41 siswayang diberikan pengajaran tanpa pembelajaran kooperatif. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung = 3.577 lebih besar dari pada ttabel= 1.98. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap  pembelajaran kooperatif tipe STAD pada gaya belajar terhadap hasil belajar siswa adalah 12.64%.

Keywords


pembelajaran kooperatif tipe STAD, gaya belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


De Porter, B, dan Mike Hernacki, 2003. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Penterjemah, Alwiyah Abdurrahman, Bandung: Kaifa

Fuadaturrahmah, F. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER (CD MOVIE DAN FLASH) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI MA LABORATORIUM IAIN SU MEDAN. Hijri, 7(1), 98-110.

Fuadaturrahmah, F., & Simamora, Y. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 5(2), 56-64.

Halim, A. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa, 9(2), 141-158.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Winkel, W. S. 2014. Psikologi Pengajaran. yogyakarta: PT. Sketsa.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i2.6345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License