ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA

Rihhan Kemia Risnandar

Abstract


Siswa sering kali mengalami kesulitan ketika melakukan proses belajar mengajar terlebih berhubungan dengan pembelajaran Kimia. Menjadikan siswa dalam menerima materi yang diarahkan oleh aspirasi informasi serta materi yang disampaikan oleh pendidik kurang efektif. Hal ini yang kemudian perlu diperhatikan guru dalam memanfaatkan model pembelajaran yang tersedia. Adapun model pembelajaran yang dapat membantu pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar kimia adalah Model Project Based Learning. Literature review ini dibuat sebagai kajian dari analisis Project Based Learning pada pembelajaran kimia serta untuk dapat membandingkan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar melalui PJBL dan model lainnya. Adapun,

Keywords


Project Based Learning; Model Pembelajaran; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syarif Rifai, Suryadi Budi Utomo, dan Nurma Yunita Indriyanti (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas Xi IIS Sma Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret, Vol. 10 No. 2 Tahun 2021

Boy Kristi Siburian, Meytij Jeanne Rampe, Johny Zeth Lombok (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. OXYGENIUS, Journal of Chemistry Education, Vol 3, No. 2: 76-80

Chang, R. (2005). Kimia Dasar (3rd ed., Vol. 2). Erlangga.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Effendy. (2008). Teori VSEPR, Kepolaran dan Gaya Antar Molekul. (2nd ed.). Bayumedia Publishing

Good, J. J., Woodzicka, J. A., & Wingfield, L. C. (2010). The Effects of Gender Stereotypic and CalcerStereotypic Textbook Images on Science Performance. The Journal of Social Psychology, 150(1), 132–147.

Kalay, B. A. (2018). vIdentifikasi Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Bentuk dan Kepolaran Molekul dengan Teknik Certainity of Response Index (CRI) dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Mahanal, S., Ericka, D., Corebimad, dan Zulaikah, S., 2009, Pengaruh Pembelajaran Project-based Learning (PJBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang, Jurnal Kependidikan Universitas Negeri Malang, Vol 3, No 2, Hal 1-13.

M Situmorang, S. A. (2014). Efektivitas Modul Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pengajaran Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(2), 139–147.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Zakiyah, I. (2019). Implementasion of PjBL Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Student on Poetry Wriring Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51-58.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i1.6348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rihhan Kemia Risnandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License