PENERAPAN LEARNING START WITH A QUESTION MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT DAN PETA KONSEP PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA PRAYATNA MEDAN

Nitema Gulo, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media Handout dan peta konsep melalui penerapan LSQ pada pokok bahasan Hidrolisis Garam. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan siswa Kelas XI IPA 2. Kelas XI IPA 1 menggunakan media Handout dengan model pembelajaran LSQ dan  kelas XI IPA 2 menggunakan media peta konsep dengan model pembelajaran LSQ. Dari hasil penelitian dilakukan uji normalitas terhadap data pada kedua sampel dan diperoleh berdistribusi normal. Pada uji Homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan uji t (hipotesis) dua pihak pada taraf  kepercayaan  α = 0,05 diperoleh  harga thitung = 2,61 dan dk = 78 dengan harga ttabel = 1,99. Kemudian dibandingkan antara thtung dengan ttabel diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,61>1,99. Hasil yang  disimpulkan Ha diterima  dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar.

Kata kunci: Media, LSQ, Handout, peta konsep, Hindrolisis garam.


Full Text:

PDF

References


Dimyanti dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Ilhamdi, L. (2009). Model Pembelajaran Peta Konsep Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(5).

Manik. (2009). Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: Djambatan.

Rutmansyah. (2010). Penetapan Metode Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Persamaan Kimia. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, No. 035-Mei 2002. Jakarta: Departemen Nasional dan kebudayaan.

Ratnaningih, L. (2009). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Melalui Model Advance Organizer Dengan Metode Ekspermen. Jurnal Kreatif Tadulako, 1(5).

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaini, H, Munthe B., Aryni, Sekar A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif . CTSD (Center For Teaching STAD Development). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i1.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nitema Gulo, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License