PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA KARTU KERJA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM

Nurliana Padang, Jasmidi Jasmidi, Wilda Wani Siregar

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan media power point dan tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media power point dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kartu kerja pada materi pokok Struktur Atom di kelas X SMA Tamansiswa  Medan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Di mana XA menjadi kelas eksperimen I dan XB menjadi kelas eksperimen II. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I adalah 78,67 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II adalah 73,67. Dari hasil perhitungan statistik yang menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh  yaitu . Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima atau tidak ada perbedaan hasil belajar.

Kata kunci: Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Media Power Point, Media Kartu Kerja, Struktur Atom.

 


Full Text:

PDF

References


Hamalik, Omar. (1996). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Penerbit Tarsito.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurliana Padang, Jasmidi Jasmidi, Wilda Wani Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License