PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI REDOKS KELAS X MA UNIVA MEDAN

Susilawati Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunakan media handout pada pokok bahasan Redoks kelas X MA Proyek UNIVA Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas X1 (eksperimen I) menggunakan model Talking Stick dan kelas X4 (eksperimen II) menggunakan model Snowball Throwing. Hasil penelitian ini adalah rata-rata yang diperoleh siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi yaitu 79,2 sedangkan rata-rata untuk yang menggunakan model pembelajaan Talking Stick yaitu 82,4. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan menggunakan uji-t dengan taraf α = 0,05 diperoleh t hitung = 5,17 > t tabel = 2,01, menunjukan bahwa thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, adanya perbandingan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II.

Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Talking Stick, Snowball Throwing, Redoks.


Full Text:

PDF

References


Afriawan. (2012). Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi Sets Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks. Unnes Science Education Journal, 1(2), 90-98.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajri, L. (2012). Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dilengkapi dengan Teka-Teki Silang bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 89-96.

Hening, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu dan Ular Tangga ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 100-108.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Khairani, Y. (2012). Pendekatan Make a Match terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Siswa, Skripsi, FMIPA Unimed, Medan.

Nyoman, S. (2010). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Model Kooperatif pada Pembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 199-206.

Pratiwi, Y. (2014). Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 40-48.

Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsino.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: UPI.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i1.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Susilawati Susilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License